Inilah Produk Yang Menguntungkan Bagi Pebisnis Online



Assalamualaikum Wr. Wb
Selamat pagi sobat blogger semua. Apakabarnya di pagi yang dingin ini ?? Semoga sehat tanpa kekurangan satu apapun ya, Amin. Disini saya coba membahas mengenai produk yang menguntungkan bagi penggiat bisnis online. Tanpa basa basi lagi langsung aja kita simak yuk.
Dalam berbisnis apapun itu termasuk bisnis online kita tak boleh sembarangan memilih barang yang akan dijual. Terutama untuk bisnis online yang belum sepenuhnya mendapat kepercayaan dan respon positif dari masyarakat, tentu kita harus lebih berhati-hati dalam menentukan produk yang akan kita jual.
Penentuan produk ini jelas sesuatu yang penting yang bisa menentukan masa depan kita di bisnis online. Dengan produk yang tepakakita akan berpeluang besar mendapatkan keuntungan yang besar, namun sebaliknya jika kita salah memilih produk, bisa saja kita akan rugi dan kemudian gulung tikar alias bangkrut.
Produk yang tidak tepat memang bisa saja mengantarkan pebisnis tersebut mengalami gagal total, karena saat produk yang dijualnya ternyata tidak laku dan tidak bisa bersaing dipasaran jelas hal ini bisa membuat kerugian usaha yang besar atau kebangkrutan. Lalu seperti apakah kriteria produk yang tepat untuk dijual dalam bisnis online? Berikut ulasannya.

1. Memiliki Banyak Peminat

Kriteria pertama yang harus ada pada produk online adalah memiliki banyak peminat. Semakin banyak peminat atau jumlah permintaan pada sebuah produk, maka semakin besar pula peluang kita untuk mendapatkan keuntungan dan kesuksesan. Namun jika produk yang akan kita jual merupakan produk yang sedikit peminat, maka akan terasa sulit bagi kita untuk bisa cepat mengembangkan usaha.

Beberapa barang kebutuhan pokok manusia seperti sandang, papan dan pangan merupakan pilihan yang sangat mungkin dan pasti memiliki peminat yang selalu tinggi. Namun bukan berarti kita harus memilih produk ini, karena saat ini kebutuhan dasar manusia cenderung berkembang pada produk-produk lainnya, sebut saja pulsa, internet bahkan mungkin kendaraan.
2. Punya Persaingan yang Tidak Terlalu Ketat
Jika peminat sudah kita dapatkan, maka hal berikutnya yang perlu kita cermati adalah persaingan. Ya, sangat pasti produk-produk yang banyak peminat akan memilki pesaing usaha yang banyak. Maka dari itu jangan terjebak hanya pada jumlah peminat yang tinggi. Cobalah juga kita melihat tingkat persaingan yang ada pada produk tersebut.
Karena semakin banyak pesaing yang ada pada produk yang akan kita jual, maka akan semakin sulit pula kita akan cepat berkembang. Namun jika produk yang kita miliki memiliki peminat yang banyak dan juga punya persaingan yang tidak begitu ketat, maka kita selangkah lebih maju untuk cepat memperoleh keuntungan dan kesuksesan usaha online.

3. Bukan Produk Online Musiman

Satu faktor yang perlu kita waspadai dari produk online yang akan kita jual yaitu sifat dari produk itu sendiri, apakah musiman atau tidak. Pastikan jangan menjual produk yang bersifat musiman. Meskipun kita akan untung banyak disuatu periode, namun kita sangat mungkin mengalami penurunan omzet yang sangat drastis saat periode itu berlalu.
Maka cobalah mencari, memilih dan menjual produk online yang tidak tergantung pada musim. Dengan tidak bergantung pada musim, maka pendapatan kita pun akan berpeluang terus mengalir disepanjang hari dan waktu.

4. Unik dan Tidak Mudah Ditemukan

Hal berikutnya yang perlu ada pada karakteristik produk online yang kita jual adalah unik dan tidak mudah ditemukan ditempat lain. Saat produk kita memiliki keunikan atau mungkin langka, maka toko online kita akan mendapatkan tempat tersendiri dimata konsumen.
Karena saat mereka mencari di tempat lain, ia tidak mendapatkan barang tersebut kecuali di toko online kita. Inilah kehebatan barang yang unik yang mampu mendapatkan tempat tersendiri di mata konsumen.

5. Harga Tidak Melebihi atau Membebani Ongkos Kirim

Sangat aneh jika kita menjual barang yang harga ongkos kirimnya lebih mahal dari harga barangnya sendiri. Apalagi jika bisnis online kita memang tidak membebankan ongkos kirim pada konsumen. Hal ini jelas akan membuat kerugian yang cukup tinggi bagi usaha kita. Harga barang yang juga ternyata membebani atau membuat besarnya biaya ongkos kirim juga harus kita cermati.
6. Lulus Sertifikasi
Terakhir, hal yang perlu ada pada beberapa produk online tertentu seperti makanan dan minuman yang akan kita jual adalah lulus sertifikasi. Ya, jangan sampai produk yang kita jual membuat orang enggan membeli. Hal-hal seperti sertifikat halal dan sertifikat kesehatan mungkin harus segera kita urus jika tidak mau produk kita menumpuk digudang karena pembelian yang kurang.

Demikian aja ya sob bahasannya, semoga bisa bermanfaat untuk para blogger semua dan sampai jumpa lagi di postingan saya selanjutnya. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sumber:www.maxmanroe.com

Previous
Next Post »

Terima kasih telah berkomentar dan berkunjung ke blog ini, Insya Allah akan saya kunjungi balik..... ConversionConversion EmoticonEmoticon