Fakta Tentang Tubuh Manusia Yang Jarang Diketahui

Tubuh Manusia


Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum Wr.Wb

Sudah lama ni saya tidak membagikan tulisan ke sobat semua. Sebenarnya saya sudah rindu ingin membagikan tulisan kepada sobat, tetapi kesibukan yang akhirnya saya tidak sempat untuk berbagi Ilmu.
Untunglah pada malam ini ada waktu sedikit bagi saya untuk menuliskan beberapa kata yang tentunya semoga bisa berguna bagi kita semua. Ditemani seonggok gorengan yang sengaja kami beli tadi sore, saya coba untuk berbagi wawasan dengan sobat semua. Pada kesempatan kali ini saya coba berbagi tulisan mengenai fakta tentang tubuh manusia yang jarang kita ketahui. Dan tanpa panjang lebar Langsung aja kita mulai ya sob....

Tahu tidak sob ??? Organ tubuh kita itu sangatlah sempurna di bandingkan makhluk ciptaan Allah yang lain, sehingga kita tidak akan pernah sanggup untuk mengungkap semua yang ada didalamnya, walau pun katanya ni sob kita sudah memiliki perlatan medis yang sangat canggih sekalipun. Meskipun sekarang para ilmuwan sudah mengungkap tentang organ-organ tubuh kita manusia secara sempurna, tetapi itu hanyalah sebagian kecil saja dan masih banyak lagi lo fakta yang belum diungkap sampai sekarang dan sampai detik ini. Apakah saja itu wahai sobat ??? mau tau atau mau tau banget ni ... hehehehe ....

Berikut ini saya akan coba uraikan kepada sobat semua beberapa fakta tentang tubuh atau organ kita yang masih jarang diketahui. Tujuannya agar kita semua dan khususnya saya pribadi bisa bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT.

1.  Tubuh kita itu tersusun dari sejumlah sistem sob.. dan setiap sistem itu bekerja menurut fungsinya masing-masing serta berhubungan erat dan berkomunikasi melallui sistem pembuluh darah kita dan sistem saraf. itu yang pertama...

2.   Ada 9 sistem utama yang ada pada tubuh kita, apa saja itu : Rangka, Otot, Integumen, Pernafasan, Urine, Pencernaan, Saraf, Kardiokasvuler (wah ...saya kurang ngerti ini apaan ...maklumlah namanya juga nyontek) dan Limfa

3.  Tahu tidak sob kalau sistem pada tubuh kita itu terbentuk oleh macam-macam organ yang masih  mengandung berbagai macam jaringan dan didalam jaringan itu masih terdapat sel-sel lagi lo sob yang melakukan fungsinya masing ... Ibarat kata ni , seandainya tubuh kita itu Mobil, didalamnya ada mesin dan didalam mesin itu terdapat onderdil atau sparepart dan didalam sparepart masih ada baut dan murnya  lagi ( itu mah menurut saya ... gak nyambung ya ... ??? hehehhe gak apa dech yang penting bisa komen biar dianggap professional gitu ).

4.  Didalam keadaan kita tidak sedang bekerja maka kerja detak jantung kita memiliki frekuensi sekitar 100.000 detak/hari, sehingga ni sob dalam keadaan normal aja kita bisa hitung :

  • Frekuensi detak jantung kita lebih kurang 36.500.000 detak/Tahun
  • Frekuensi detak jantung kita lebih kurang 3000.000 detak/Bulan
  • Frekuensi detak jantung kita lebih kurang 700.000 detak/Minggu
  • Frekuensi detak jantung kita lebih kurang 4.167 detak/jam
  • Frekuensi detajk jantung kita lebih kurang 69 detak/menit
  • Frekuensi detak jantung kita lebih kurang 1 detak /detik

Wah... kencang juga ni kerja jantung kita setiap detiknya , setiap menit , setiap hari dan setiap tahunnya, tapi jantung kita tidak pernah lelah bekerja memompakan darah ke tubuh kita. Memang luar biasa ciptaan Allah yang tanpa kita sadari bekerja secara terus menerus tanpa hentinya.

5.  Yang ini membuat kita lebih takjub lagi, untuk mampu mengitari tubuh kita darah harus melakukan perjalanan sejauh 60.000 Mil (96.000 Km). Kalau dipikir - pikir jauh juga ya sob perjalanan darah kita itu untuk mampu meengitari seluruh tubuh kita. 

6.  Mata kita itu dapat membedakan sampai 1.000.000 permukaan warna dan hebatnya lagi dengan mata kita bisa menampung lebih banyak objek informasi penglihatan dibandingkan dengan teleskop terbesar sekalipun yang pernah dibuat oleh manusia. 

7.  Mata kita itu sob mempunyai titik fokus yang mampu berubah-ubah setiap waktu secara otomatis, sehingga mata kita yang diciptakan oleh Allah Sang Maha Pencipta ini jauh dan jauh lebih canggih dibandingkan optik manapun yang pernah diciptakan oleh para ilmuwan Fisika. Sehingga sepatutnyalah kita sebagai manusia harus bersyukur dan menjaga mata kita dari penglihatan yang dilarang oleh Allah.

8. Dalam keadaan normal saja gerak reflek mata kita itu berkedip sebanyak 15 kali setiap menitnya sob. Kalau kita kelilipan ni gerak reflek mata kita terjadi sebanyak berapa kali ya sob ??? hahahaha ... hitung aja sendiri lah Oyong Ilham.

9.  Pendengaran kita itu sangat sensitif lo sob .. pendengaran kita mampu membedakan 100 sampai 1.000 suara yang berbeda dan dalam batas frekuensi audio (20 hz sampai 20.000 hz)   

10.  Kotoran telinga kita ini akan lebih banyak dikeluarkan tubuh disaat kita sedang mengalami ketakutan pada suatu hal tertentu. Aneh juga ni nampknya .

11.  Katanya ni, disaat kita sedang kekenyanga atau terlalu banyak makan, entah itu makan nasi, makan cemilan  dan makan makanan lah pokoknya, maka pendengaran kita itu akan berkurang.

12.  Otak kita itu memiliki volume sekitar 1.500 cm3 (1,5 L) dengan kata lain berat otak kita adalah seberat 1,5 Kg. Tapi anehnya ni mengapa kita sama sekali tidak merasakan berat dikepala kita?? kalau dipikir-pikir jika kita ada membawa air 1 L saja yang ditenteng ditangan tentunya kita akan merasakan berat. Aneh tidak itu sob ???? Wallahu Wa'lam hanya Allah lah yang tahu.  

13.  Dan satu lagi bahwa Otak kita itu merupakan terkompleks dibandingkan komputer mana pun didunia ini yang tercanggih yang memiliki lebih dari 100.000.000.000 (dibaca nya berapa ya ...ehm .... seratus milyar) sel saraf (Neuron). dan tahu tidak tidak sob kalau jumlah itu melebihi jumlah bintang di galaksi bima sakti. dan setiap sel saraf itu telah terhubung dengan 100.000 sel saraf yang lainnya sob. Bagaimana ya ngebayanginnya ... karena setiap sel saraf itu saling terhubung,dan brjumlah ratusan Milyar.... udah dech nggak usah dibayangin ya ..... :)

14.  Sebanyak 3.000.000.000 (3 milyar) sel tubuh kita mati setiap menit lo, dan akan diganti dengan yang baru. Maka jika kita hitung - hitung ni sob  :

  • Sel tubuh kita mati dalam sejam sebanyak 180.000.000.000 (180 milyar) sel,
  • Sel tubuh kita mati dalam sehari sebanyak 4.320.000.000.000 (4,32 triliun) sel,
  • Sel tubuh kita mati dalam sebulan sebanyak 129.600.000.000.000 (129,6) triliun sel,
  • dan seterusnya.

Subhanallah ... Maha Besar Allah dengan apa yang telah terjadi didalam tubuh kita ini, dan jika saja ada salah satu organ tubuh kita yang tidak berfungsi maka organ yang lain juga tidak akan optimal dalam melakukan fungsinya.

Sebenarnya masih sangat banyak lagi informasi tentang tubuh manusia yang ingin saya tulis di blog ini sob .. tapi berhubung waktunya udah larut malam karena besok saya mau kerja. Dan mata saya pun rasanya udah ngantuk aja ni. Mungkin tulisan ini saya sudahi dulu ya sob, semoga tulisan yang singkat dan tak seberapa ini bisa memberikan wawasan untuk kita semua, dan semoga kita tetap  bersyukur atas segala yang telah Allah berikan kepada kita. Mohon maaf jika ada kata-kata yang menyinggung para pembaca blog ini.... saya hanya just kidding. Okelah kalau begitu saya sudahi aja dengan Wabillahi Taufik Walhidayah Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


Previous
Next Post »

32 komentar

Write komentar
mrhanafi
AUTHOR
30 September 2016 at 00:53 delete

ciptaan badan kita terlalu sempurna dan tdak mungkin bole dicetak rompak oleh manusia itu sendiri

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
30 September 2016 at 06:47 delete

yap .... bener sekali tu bg Hanafi .... walau pun dengan alat tercanggih sekalipun di dunia ini .... :)

Reply
avatar
30 September 2016 at 07:41 delete

Hebat ilmunya Tuan. Terima kasih sudi berkunjung ke blog saya ya. Mohon tunjuk ajar. Terima kasih.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
30 September 2016 at 12:28 delete

wah .... bang ieta Mat Sa'ad ini berlebihan.... saya hanya seorang blogger yang baru belajar ... apa yang saya ketahui akan saya bagikan kepada para pembaca... terima kasih juga sdh berkunjung

Reply
avatar
30 September 2016 at 22:06 delete

sangat menarik dan menginspiratif sekali. saya doakan semoga yang membuat artikel ini diberi kesehatan, rejeki dan umur panjang. amin...

Reply
avatar
jie susanos
AUTHOR
1 October 2016 at 13:13 delete

cantik sekali infonya tuan.. tak sangka pendengaran kita akan kurang bila kekeyangan..ingatkan bila kenyang pendengaran lagi power..hehe..

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
1 October 2016 at 19:31 delete

hehhe ...katanya sich begitu lah bang Jie Susanos.. saya hanya bagikan apa yang saya tau..terima kasih sdh berkunjung

Reply
avatar
Maria Firdz
AUTHOR
3 October 2016 at 22:15 delete

penciptaan manusia, bukti kehebatan dan kebijaksanaan Allah...

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
3 October 2016 at 23:13 delete

benar sekali tu mbak Maria ... Allah lah yang Maha segalanya ... Ciptaan Allah itu sangat sempurna tiada satu pun yang bisa menadingi...

Reply
avatar
Ato
AUTHOR
4 October 2016 at 06:53 delete

infonya sangat berguna.. terima kasih ya

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
4 October 2016 at 07:05 delete

oke ...sama - sama mas ato....

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
10 October 2016 at 19:14 delete

terima kasih sdh berkunjung kemari .....

Reply
avatar
15 October 2016 at 03:59 delete

ciptaan Allah yang bernama manusia memang sangatlah sempurna,,,so kita wajib mengagumi kebesaran tuhan dan mensyukuri nikmat Tuhan yg telah di berikan

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
15 October 2016 at 06:21 delete

benar sekali tu Mas , terkadang kita sering mengeluh atas hal kecil yg menimpa kita, tetapi kita tidak berpikir betapa Nikmat A;;ah itu jauh lebih besar ,.....

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
17 October 2016 at 12:58 delete

terima kasih atas doanya ni gan ...

Reply
avatar
19 October 2016 at 09:36 delete

Anugrah dari Yang Maha kuasa :)
yang sangat paling aneh benar mas itu yang point no.12 tentang otak ..
otak beratnya 1,5kg tapi ngga merasakan berat dikepala :/

Reply
avatar
Lia Lathifa
AUTHOR
19 October 2016 at 13:46 delete

masyaaallah.. luar biasa ciptaan Allah begitu detail dan sempurnah

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
20 October 2016 at 06:51 delete

Benar sekali Mas Ikhsan , itulah kekuasaan Allah SWT semua bisa terjadi .....:)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
20 October 2016 at 06:53 delete

semoga bisa menjadikan kita semua untuk selalu bersyukur kpd Sang Pencipta Allah SWT, terima kasih kunjungannya Mbak Lia

Reply
avatar
angkisland
AUTHOR
21 October 2016 at 09:10 delete

masyaAllah mbacanya merinding mas.... ada yang hidup ada yang mati... hemzz bisa jadi perenungan mas... mantap mas... manfaat....

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
21 October 2016 at 12:27 delete

terima kasih Mas ... semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi semua .....

Reply
avatar
21 October 2016 at 21:33 delete

Wagh... setelah ngebaca ini langsung ngecek ngecek semua anggota tubuh. takut2 ada yang rusak

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
21 October 2016 at 23:05 delete

hehehe ... silahkan di cek Mas , kalau ada yg rusak datang aja kesini ....:)

Reply
avatar
evrinasp
AUTHOR
29 October 2016 at 07:39 delete

wuihhh mantab, detak jantung makanya perlu banget untuk disyukuri

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
29 October 2016 at 12:44 delete

jika detak jantung sempat berhenti bekerja ,... gk tau lagi apa yg akan terjadi ...

Reply
avatar
Omahblog
AUTHOR
3 November 2016 at 02:21 delete

secanggih - canggihnya teknologi, masih canggih buatan yang kuasa. gratis pula :D

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
3 November 2016 at 06:16 delete

ya benar sekali omah , sdh sepatutnya kita bersyukur....

Reply
avatar
29 November 2016 at 11:29 delete

Ternyata sel sel tubuh kita setiap hari ada yang mati ya mas. Banyak juga ya,sampe milyaran gitu. Kerja jantung juga hebat, nggak kalah sama motor ya. Alloh memang canggih ciptaan-Nya.

Reply
avatar
Ahmad
AUTHOR
5 December 2016 at 20:52 delete

memang maha sempurnalah ciptaan dari Allah SWT ....

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
24 September 2017 at 15:22 delete

Butuh Bandar Online terpercaya ?
Yuk join aja menjadi member Di TogelPelangi

Menyediakan permainan ;
Togel
Live dd48red blue

serta memberikan prediksi terakurat

DISKON Pemasangan :
4D ; 66%
3D : 59%
2D : 29%

Support 4 Bank terbaik :
BCA
MANDIRI
BNI
BRI

Hot Promosi Jackpot Super Lucky
Promo New Member
Komisi Referal 1%

Daftar sekarang bos : www.togelpelangi.com/daftar

Info dan contact :

BBM D8E23B5C
LINE togelpelangi
No telp.dan W.a +85581569708

Silahkan bos

Reply
avatar

Terima kasih telah berkomentar dan berkunjung ke blog ini, Insya Allah akan saya kunjungi balik..... ConversionConversion EmoticonEmoticon