Apa Sebenarnya Keutamaan Sholat Jum'at?



Apa Sebenarnya Keutamaan Shalat Jum'at? - Shalat Jum'at adalah amal ibadah yang paling khusus dan istimewa pada hari Jum'at. Pelaksanaanya memiliki kekhususan yang berbeda dengan shalat-shalat lainnya, khususnya Dzuhur yang sama waktunya. 

Cara bersuci, sangat dianjurkan untuk mandi besar sebagaimana mandi janabat. 

Cara berpakaian, sangat dianjurkan memakai pakaian terbagus dan menggunakan wewangian. 

Berangkatnya ke masjid, sangat-sangat dianjurkan lebih awal dengan janji pahala yang lebih besar daripada yang datang berikutnya. 

Sebelum shalat dimulai, diawali dengan khutbah yang harus diperhatikan dengan seksama oleh jama'ah. Jama'ah tidak boleh tidur, mengobrol dan berbicara dengan kawannya, atau sibuk dengan kegiatan yang bisa memalingkan dari mendengarkan khutbah. Jika hal tersebut dilanggar maka pahala shalat Jum'at dan keutamannya tidak akan didapatkan. 


Berikut ini beberapa dalil yang menunjukkan keutamaan shalat Jum'at:

1. Diriwayatkan dari Aus bin Aus radliyallah 'anhu, berkata, "aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 

مَنْ غَسَّلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَاغْتَسَلَ ثُمَّ بَكَّرَ وَابْتَكَرَ وَمَشَى وَلَمْ يَرْكَبْ وَدَنَا مِنْ الْإِمَامِ فَاسْتَمَعَ وَلَمْ يَلْغُ كَانَ لَهُ بِكُلِّ خُطْوَةٍ عَمَلُ سَنَةٍ أَجْرُ صِيَامِهَا وَقِيَامِهَا

"Barangsiapa mandi pada hari Jum'at, berangkat lebih awal (ke masjid), berjalan kaki dan tidak berkendaraan, mendekat kepada imam dan mendengarkan khutbahnya, dan tidak berbuat lagha (sia-sia), maka dari setiap langkah yang ditempuhnya dia akan mendapatkan pahala puasa dan qiyamulail setahun." (HR. Abu Dawud no. 1077, al-Nasai no. 1364 Ahmad no. 15585)

2. Diriwayatkan dari Abu Hurairah radliyallah 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 

إِذَا كَانَ يَوْمُ الْجُمُعَةِ وَقَفَتْ الْمَلَائِكَةُ عَلَى أَبْوَابِ الْمَسْجِدِ فَيَكْتُبُونَ الْأَوَّلَ فَالْأَوَّلَ فَمَثَلُ الْمُهَجِّرِ إِلَى الْجُمُعَةِ كَمَثَلِ الَّذِي يُهْدِي بَدَنَةً ثُمَّ كَالَّذِي يُهْدِي بَقَرَةً ثُمَّ كَالَّذِي يُهْدِي كَبْشًا ثُمَّ كَالَّذِي يُهْدِي دَجَاجَةً ثُمَّ كَالَّذِي يُهْدِي بَيْضَةً فَإِذَا خَرَجَ الْإِمَامُ وَقَعَدَ عَلَى الْمِنْبَرِ طَوَوْا صُحُفَهُمْ وَجَلَسُوا يَسْتَمِعُونَ الذِّكْرَ

"Jika tiba hari Jum'at, maka para Malaikat berdiri di pintu-pintu masjid, lalu mereka mencatat orang yang datang lebih awal sebagai yang awal. Perumpamaan orang yang datang paling awal untuk melaksanakan shalat Jum'at adalah seperti orang yang berkurban unta, kemudian yang berikutnya seperti orang yang berkurban sapi, dan yang berikutnya seperti orang yang berkurban kambing, yang berikutnya lagi seperti orang yang berkurban ayam, kemudian yang berikutnya seperti orang yang berkurban telur. Maka apabila imam sudah muncul dan duduk di atas mimbar, mereka menutup buku catatan mereka dan duduk mendengarkan dzikir (khutbah)." (HR. Ahmad dalam Musnadnya no. 10164)

3. Diriwayatkan dari Salman radliyallah 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

لَا يَغْتَسِلُ رَجُلٌ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَيَتَطَهَّرُ مَا اسْتَطَاعَ مِنْ طُهْرٍ وَيَدَّهِنُ مِنْ دُهْنِهِ أَوْ يَمَسُّ مِنْ طِيبِ بَيْتِهِ ثُمَّ يَخْرُجُ فَلَا يُفَرِّقُ بَيْنَ اثْنَيْنِ ثُمَّ يُصَلِّي مَا كُتِبَ لَهُ ثُمَّ يُنْصِتُ إِذَا تَكَلَّمَ الْإِمَامُ إِلَّا غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجُمُعَةِ الْأُخْرَى

"Tidaklah seseorang mandi pada hari Jum’at dan bersuci semampunya, berminyak dengan minyaknya atau mengoleskan minyak wangi yang di rumahnya, kemudian keluar (menuju masjid), dan dia tidak memisahkan dua orang (yang sedang duduk berdampingan), kemudian dia mendirikan shalat sesuai dengan tuntunannya, lalu diam mendengarkan khutbah dengan seksama ketika imam berkhutbah, melainkan akan diampuni (dosa-dosanya yang terjadi) antara Jum’at tersebut dan Jum’at berikutnya." (HR. Bukhari dalam Shahih-nya, no. 859)

4. Diriwayatkan dari Abu Hurairah radliyallah 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 

إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَنْصِتْ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ

"Jika engkau berkata pada temanmu pada hari Jum'at, "diamlah!", sewaktu imam berkhutbah, berarti kemu telah berbuat sia-sia." (Muttafaq 'Alaih, lafadz milik al Bukhari dalam Shahihnya, no. 859)

Dalam riwayat Ahmad, dari Ibnu 'Abbas radliyallah 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, 

مَنْ تَكَلَّمَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ فَهُوَ كَمَثَلِ الْحِمَارِ يَحْمِلُ أَسْفَارًا وَاَلَّذِي يَقُولُ لَهُ : أَنْصِتْ لَيْسَتْ لَهُ جُمُعَةٌ 

"Siapa yang berbicara pada hari Jum'at, padahal imam sedang berkhutbah, maka dia seperti keledai yang membawa kitab-kitab yang tebal. Dan orang berkata kepada (saudara)-nya, 'diamlah!', tidak ada Jum'at baginya." (HR. Ahmad, dengan sanad la ba-tsa bih).

Hadits-hadits di atas menjelaskan bahwa shalat Jum'at memiliki pahala besar. Barangsiapa melaksanakannya sesuai dengan syarat-syaratnya, tata tertibnya, sunnah-sunnahnya, maka dia akan memperoleh banyak pahala dan keutamaan sebagai berikut:


• Setiap langkah dari rumahnya menuju ke masjid mendapatkan pahala seperti pahala puasa dan pahala shalat malam setahun penuh. 


• Mendapatkan pahala seperti orang yang berqurban unta, atau sapi, atau kambing, atau ayam, atau telur, sesuai seberapa pagi ia berangkat ke masjid untuk menunaikan shalat Jum'at.

• Mendapatkan ampunan atas dosa-dosa yang telah ia lakukan hingga tiba shalat Jum'at berikutnya dan tambahan tiga hari menurut sebagian riwayat. 

• Malaikat mencatat pahala shalat Jum'atnya di dalam catatan mereka, selain catatan malaikat yang bertugas menuliskan amal.


Sumber : voa-islam.com & Islamedia.id
Previous
Next Post »

20 komentar

Write komentar
Ahmad
AUTHOR
6 December 2016 at 20:50 delete

memang sangat besar manfaat dan keutamaan dari sholat jumat ini

Reply
avatar
Jens Z
AUTHOR
6 April 2017 at 00:18 delete

Jum'at itu... Sayyidul Ayyam "The King Of Days" memang sangat banyak keutamaan pahala ibadah yg dilakukan pada hari itu.. Info keren mas.. :-bd Lanjutkan

Reply
avatar
6 April 2017 at 10:30 delete

thanks atas infonya guys...keep dakwah from blogging

Reply
avatar
3 May 2017 at 14:31 delete

segitu penting nya sholat jumat bagi kaum pria, tp masih banyak saja yang belum menyadari dan lalai meninggalkannya

Reply
avatar
10 May 2017 at 11:23 delete

keren banget infonya gan...thanks

Reply
avatar
16 June 2017 at 10:44 delete

Masih banyak banget jemaah yang berbicara di saat khutbah.
biasanya yang paling belakang

Reply
avatar
Review Domino
AUTHOR
30 September 2017 at 10:19 delete

Terima kasih atas imformasi yang anda berikan khususnya buat saya umumnya untuk semua yang sempat membaca blog anda ini. ini sangat membantu saya.

Reply
avatar
Situs Domino
AUTHOR
7 October 2017 at 14:30 delete

Mantap gan artikel milik anda .. kunjungi situs kami kembali ya gan :)

Reply
avatar
24 April 2018 at 09:43 delete

Tulisannya memberikan saya ilmu yang bermanfaat

Reply
avatar
Mebel Jepara
AUTHOR
10 January 2019 at 22:30 delete

Semoga kita selalu dalam lindungan Allah. Amin

Reply
avatar
10 January 2019 at 22:34 delete

Info yang sangat jelas sampai dalil dalilnya

Reply
avatar
10 January 2019 at 22:38 delete

Terima kasih tentang info sholat jum'at

Reply
avatar
Mika Farron
AUTHOR
17 June 2019 at 05:38 delete

kedua ialah ada baiknya untuk kamu menghindari gertakan untuk tandingan yg terlampaui tidak jarang meski jalan ini pass keren kala kamu memperoleh kartu jelek bakal tetapi untuk seputar pemula jangan menggunakannya terlampaui tidak jarang bila kamu salah berjalan maka akan ada efek gede yang didapatkan. yg itu artinya saldo yg dipunyai dapat khatam begitu saja dengan cepat.
http://civicusassembly.org/
http://wypozyczalnia.biz/
http://interqq.vip/
http://sumoqq.vip/
http://mypornstar.info/
http://pionpoker.net/
http://cialisprofessional.net/
http://warungsgp.com/
http://keluaranpaito.com/

Reply
avatar
Artikelusaha
AUTHOR
16 September 2019 at 20:44 delete

makasih kak... artikel sangat bermanfaat...

Reply
avatar
Carlo Yudi
AUTHOR
3 January 2020 at 13:48 delete

Ingin Cari Kaos Dakwah Terbaik, Tshirt Dakwah Muslim Disini tempatnya: gootickapparel.com

Mau Cari Bacaan Cinta Generasi Milenia Indonesia mengasikkan, disini tempatnya: weedhus.com

Reply
avatar
Carlo Yudi
AUTHOR
3 January 2020 at 13:49 delete

Ingin Cari Kaos Dakwah Terbaik, Tshirt Dakwah Muslim Disini tempatnya: gootickapparel.com

Mau Cari Bacaan Cinta Generasi Milenia Indonesia mengasikkan, disini tempatnya: weedhus.com

Reply
avatar

Terima kasih telah berkomentar dan berkunjung ke blog ini, Insya Allah akan saya kunjungi balik..... ConversionConversion EmoticonEmoticon