Inilah Tips Meningkatkan Kesan Positif Bisnis Online



Assalamualaikum Wr. Wb
Selamat pagi sobat blogger semua, kabarnya baik kan ?? Disini saya akan bahas artikel lagi tentang Tips meningkatkan kesan positif bisnis online, ini dia tipsnya :


Di dalam berbisnis sebuah reputasi yang baik menjadi suatu prestasi tersendiri bagi sebagian pelaku bisnis, termasuk bisnis online. Karena begitu petingnya hal ini maka dengan 1001 cara orang memikirkan strategi untuk meningkatkan reputasi bisnisnya.
Benar saja, reputasi merupakan wajah dari bisnis kita terlebih lagi jika bisnis yang kita jalanka jalankan secara online, orang tentunya akan lebih mudah menemukan merek kita dan akan sangat percaya untuk bertransaksi dengan kita.
Bayangkan jika reputasi bisnis kita buruk, mungkin orang dengan mudah menemukan merek kita, tapi tidak akan percaya untuk bertransaksi dengan kita. Untuk itulah penulis memberikan beberapa tips sederhana bagaimana meningkatkan kesan positif konsumen terhadap bisnis online kita.

1. Klaim Identitas Bisnis Online Kita

Sebagian orang mungkin menganggap tidak penting untuk mengklaim bisnis onlinenya di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram. Hal ini membuat mereka enggan menggunakan akun media sosial untuk sarana marketing. Hasilnya identitas merek mereka akan terpakai oleh orang lain yang menjual produk sejenis.

Jadi gunakanlah media sosial untuk mengklaim identitas kita, dari nama merek dagang sampai slogan kita, karena mungkin di luar sana orang berlomba-lomba untuk memakai merek dan slogan kita. Bila kita lambat maka merek bisnis dan slogan yang menjadi identitas kita akan terbunuh oleh mereka yang menggunakannya terlebih dahulu.
2. Aktif Berkontribusi di Forum dan Komunitas
Dengan aktif bersosialisasi di forum-forum diskusi dan group-group komunitas tertentu, orang akan dengan mudah untuk mengingat identitas kita, terlebih jika kita aktif untuk memberikan kontribusi di forum tersebut, pastilah image positif akan menjadi salah satu keuntungan untuk kita.
Mulailah untuk berdiskusi dengan sesama anggota di komunitas tertentu, mulailah berbagi hal-hal yang positif. Masuklah di sebuah komunitas yang sesuai dengan apa yang kita jual. Jika kita menjual produk herbal, kita bisa masuk kekomunitas pecinta herbal yang banyak sekali di Facebook dan Kaskus.
Lalu mulailah menulis dan berbagi sesuatu yang bermanfaat untuk mereka, dengan sendirinya mereka akan menilai reputasi kita dan itu merupakan salah satu nilai tambah untuk identitas kita.

3. Aktif Menulis Konten di Media Sosial 

Point ketiga ini sangat penting, dengan konsisten menulis sebuah konten di media sosial dan menulis artikel di toko online akan membuat reputasi bisnis kita semakin baik. Mulailah menulis konten yang relevan dengan produK yang kita jual. Bisa membahas keunggulan dari produk kita atau tips-tips tertentu yang berhubungan dengan produk yang kita jual.
Selain meningkatkan kesan positif bisnis online kita, hal ini juga akan menjadi nilai tambah di Search Engine Optimization sehingga orang akan mudah menemukan merek kita. Image bisnis Anda akan semakin baik karena Anda dianggap pebisnis yang mudah berbagi dan pastinya selalu update terhadap perkembangan yang terjadi seputar produk tersebut.

4. Memantau Komentar Toko Online Kita Secara Berkala

Bagi pemilik toko online, sebuah komentar menjadi salah satu nilai tersendiri, tetapi komentar yang diharapkan tentunya adalah sebuah komentar yang positif. Untuk mendapatkan itu, maka ada baiknya kita menulis konten yang positif dan bermanfaat pula seperti yang sudah di jelaskan di point ketiga.
Mulailah memantau aktifitas di kolom komentar kita, beri jawaban pada setiap pertanyaan yang diajukan oleh pengunjung. Jangan sampai kita di anggap penjual yang tidak peduli dengan calon pelanggannya. Lalu bagaimana jika komentar yang di tulis oleh pengunjung itu komentar yang buruk, maka saran dari saya segeralah komunikasikan kepada sang konsumen apa masalah yang terjadi. Jika kita bisa menyelesaikan masalah tersebut secara tidak langsung kredibilitas bisnis kita pun akan ikut terdongkrak naik.
Kita bisa menganalisa di mana letak kesalahan dari konten tersebut dan segera memperbaikinya. Dengan memantau komentar dari pengunjung secara teratur kita akan dengan mudah mengendalikan aktifitas yang terjadi di toko online atau website kita.

5. Menghapus Komentar yang Menyimpang

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, dengan memantau komentar toko online memudahkan kita untuk mengatur aktifitas di dalamnya. Contohnya menghapus komentar yang tidak relevan dan sangat tidak kita inginkan. Karena pasti ada saja komentar-komentar yang tidak baik yang akan menjatuhkan reputasi kita. Jadi segeralah untuk menghapus komentar tersebut sebelum menjadi bahan diskusi pengunjung yang lainnya.
6. Amatilah Reputasi Bisnis Online Kita Saat Ini
Setelah semua point di atas kita aplikasikan, langkah terakhir adalah mengamati reputasi kita saat ini, ketahuilah reputasi bisnis kita berbanding lurus dengan apa yang kita lakukan atau katakan di media online.
Jika kontribusi kita terhadap media sosial dan toko online kita baik, maka kemungkinan besar reputasi bisnis online yang kita dapatkan akan baik pula. Karena internet berpengaruh besar terhadap reputasi yang kita bangun entah menjadi baik atau buruk, semua kembali lagi kepada pelaku bisnis online itu sendiri.
Sekian tips sederhana untuk meningkatkan reputasi bisnis online Sobat Blogger, semoga dapat bermanfaat terhadap bisnis yang Sobat Blogger jalankan. Amin. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sumber : www.maxmanroe.com

Previous
Next Post »

Terima kasih telah berkomentar dan berkunjung ke blog ini, Insya Allah akan saya kunjungi balik..... ConversionConversion EmoticonEmoticon