Doamu Tak Kunjung Terkabul ?? Mungkin Ini Penyebabnya -



Assalamualaikum wr. wb
Bismillahirrahmanirrahim
Alhamdulillah, akhirnya sudah sampai dirumah, untung saja hujannya turun dengan deras setelah saya dan keluarga sudah sampai di rumah. Bisa dibayangkan kalau pas lagi di jalan, hujan turun dengan deras, sementara saya ada membawa anak kecil. Untung Allah mengabulkan Doa saya dan Anak saya. Ngomongin soal doa ni, ada kalanya doa kita langsung di ijabah oleh Allah, ada juga doa yang di ijabah tetapi dalam waktu yang terbilang cukup lama. Dan ada juga doa kita tidak kunjung di jawab oleh Allah. Tapi, walau pun doa kita tidak di ijabah oleh Allah, kita lantas berburuk sangka terhadap-Nya. Mungkin Allah punya tujuan lain dengan tidak di kabulkannya doa kita. Mungkin kita berpikir kenapa ya doa kita belum juga di kabulkan Allah dan Apa ya penyebabnya ??? Stop untuk berburuk sangka kepada Allah SWT, koreksi lah diri kita, mungkin ada hal-hal yang kita lakukan di waktu yang lalu menjadi penghalang doa kita sampai ke Arasy nya Allah.
Kita semua pasti pernah berdoa (memohon pertolongan) pada Allah, baik permohonan yang sifatnya pokok, seperti mohon ketetapan iman, yakin, syukur, khusnul khotimah, hidup barokah dan seterusnya.
Hingga permohonan yang bersifat duniawi seperti mohon naik gaji, naik pangkat, bisa bayar hutang, Namun dari semua orang yang berdoa itu tidaklah semua telah dikabulkan oleh Allah.
Pada dasarnya semua doa pastilah diijabahi (dikabulkan) oleh Allah. Sebagaimana diinformasikan dalam Al Qur-an: “Dan Tuhanmu berfirman: Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu” (Al Mukmin:60).
Sabda Rosululloh SAW: “Tidak seorangpun yang berdoa, kecuali akan dikabulkan. (HR. Ath-Thirmidzi). Namun tentunya doa yang dikabulkan itu adalah doa yang memenuhi syarat aturan dari Alloh yaitu Yakin dan khusyu.
Namun ada kalanya juga doa kita tak kunjung terkabul. Disini saya akan coba menjelaskan rincian mengapa doa kita tidak di jawab oleh Allah.
Dikutip dari islamedia.co di antara sebab tertolaknya doa adalah:

1. Kalbu yang lalai, yang maksiat, dan ragu kepada Allah Swt. Rasul saw bersabda, "Berdoalah kepada Allah dalam kondisi engkau yakin doa tersebut diijabah. Ketahuilah bahwa Allah tidak menerima doa yang berasal dari kalbu yang lalai dan alpa." (HR at-Tirmidzi)

2. Memakan atau mengonsumsi sesuatu yang haram. Nabi saw bersabda, "Ada seseorang yang melakukan perjalanan, rambutnya kusut, pakaiannya lusuh, ia mengangkat tangannya ke langit, 'Wahai Tuhan..' sementara makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan nutrisinya dari yang haram. Bagaimana mungkin doanya diterima?!" (HR Muslim).
3. Putus asa dalam berdoa karena tergesa-gesa. Rasul saw bersabda, "Doa kalian diijabah selama tidak tergesa-gesa. yaitu dengan berkata, 'Aku sudah berdoa tapi belum dikabulkan juga.'" (HR muttafaq alayh).
Itu sejumlah hal yang bisa membuat doa tidak diterima. Namun demikian, apa yang kita lakukan sudah baik. Kita melakukan sejumlah ibadah di mana ibadah dan amal salih merupakan sarana yang memperlancar terkabulnya doa. Karenanya, kalau kita sudah banyak ibadah dan beramal, lalu meninggalkan dosa dan barang haram, yakinlah bahwa doa kita terkabul.
Hanya saja cara Allah mengabulkan doa sesuai dengan kehendak-Nya; bukan dengan kehendak kita. serta pada waktu yang Dia tentukan; bukan waktu yang kita tentukan. Kadang Allah langsung mengabulkan doa tersebut. kadang Allah simpan untuk diberikan di akhirat. Atau bisa juga Allah ganti dengan melenyapkan keburukan yang setara dengan doa yang dipanjatkan.
Jadi yang terpenting adalah berdoa dan berdoa. Sebab dengan berdoa minimal kita mendapatkan pahala dan terhindar dari golongan orang sombong yang tidak mau berdoa kepada Allah. Setelah itu, yakinlah bahwa doa tersebut pasti dikabulkan dengan cara Allah selama kita menjauhi dosa dan hal yang haram. Wallahu wa'lam. Demikian kiranya postingan ini saya berikan semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Amin. Dan jika ada kekurangan mohon untuk tidak segan-segan memberikan komentar untuk kemajuan blog ini. Dan saya akhiri dengan Wabillahi taufik walhidayah wassalamualaikum wr. wb.
Sumber tulisan dan gambar : jabar.tribunnews.com, kumpulanmisteri.com
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
3 May 2017 at 15:15 delete

hal sepele tapi jadi masalah besar yah, nuhun kang info nya menarik sekali

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
31 March 2018 at 01:46 delete

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Reply
avatar

Terima kasih telah berkomentar dan berkunjung ke blog ini, Insya Allah akan saya kunjungi balik..... ConversionConversion EmoticonEmoticon