Ini Kata Peneliti : Air Liur Dapat Prediksi Kematian -




Assalamualikum wr.wb

Penelitian terbaru menemukan ludah atau air liur dapat memengaruhi antibodi alami dan penyebab kematian.
Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLoS ONE ini meneliti hubungan antara tingkat sekresi IgA dan dan penyebab kematian di masyarakat umum.
Para peneliti dari Universitas Birmingham menemukan sebuah tes sederhana untuk memprediksi kematian. Mereka mengklaim ludah atau air liur dapat memengaruhi antibodi alami dalam tubuh atau dikenal dengan imunoglobulin A (IgA).
Antibodi adalah protein yang digunakan oleh sistem kekebalan tubuh untuk mengidentifikasi dan menetralisir benda asing seperti bakteri dan virus.
Seperti dimuat laman Mirror, Jumat (25/12/2015) peneliti mengambil sampel ludah dari hampir 700 pria dan wanita berusia 60-an selama pertengahan 1990-an.
Setelah itu mereka mengukur hubungan antara tingkat sekresi IgA dan semua penyebab kematian. Hasilnya cukup mengejutkan, mereka menemukan risiko kematian dini akibat kanker pada sepertiga sampel.
Analisis lebih lanjut dari penyebab khusus kematian menunjukkan bahwa asosiasi semua penyebab adalah karena hubungan yang mendasari dengan mortalitas kanker dan, khususnya dengan kanker non-paru-paru, kata para peneliti.
“Ada sejumlah faktor yang dapat mempengaruhi seberapa baik kita memproduksi antibodi dan menjaga kadar mereka”, jelas Dr Anna Phillips, dari Universitas Birmingham, dalam siaran pers sebagaimana dikutip laman presstelegraph.com.
Menurut Dr Anna Phillips, ada sejumlah faktor yang dapat memengaruhi seberapa baik kita memproduksi antibodi dan menjaga kadar IgA. Seperti misalnya usia, heritabilitas atau sakit, tapi kondisi kesehatan umum kesehatan juga dapat memengaruhinya, seperti stres, diet, olahraga, alkohol dan merokok.
“Penelitian ini menunjukkan, check up umum bisa dilakukan dengan sampel air liur. Namun kembali lagi, ini hanya pemeriksaan awal. Jika jumlah antibodinya rendah, tentu harus ada tindak lanjut,” katanya.
Lebih dari 600 orang dewasa di Skotlandia ikut mengambil bagian dalam penelitian ini. Rencanya tim peneliti akan menindaklanjuti penelitian ini dengan sampel yang lebih besar, untuk menyelidiki hubungan antara ludah dengan penyakit infeksi dan perkembangan penyakit seperti kanker.*
Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Sumber :hidayatullah.com
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
agen poker
AUTHOR
31 January 2017 at 10:19 delete

Terima kasih Informasinya gan , Sangat Membantu dan di tunggu artikel berikutnya^^


PokerOnline Terpercaya
agen poker terbaik

Reply
avatar
agen poker
AUTHOR
31 January 2017 at 10:32 delete

Terima kasih Informasinya gan , Sangat Membantu dan di tunggu artikel berikutnya^^


PokerOnline Terpercaya
agen poker terbaik

Reply
avatar

Terima kasih telah berkomentar dan berkunjung ke blog ini, Insya Allah akan saya kunjungi balik..... ConversionConversion EmoticonEmoticon