Cara Beristinja Yang Benar Menurut Islam -


 
Assalamualikum Wr. Wb
 
Apa kabar sobat blogger semua, sudah lama saya tidak  update artikel , rasanya susah sekali untuk memulainya.Tetapi dengan tekad yang kuat Insya Allah saya akan update artikel tentang Cara Beristinja Yang Benar Menurut Islam. Memang ini kita anggap hal yang sepele, tetapi tahukah sobat blogger, dari beristinja inilah sah atau tidaknya amal ibadah kita kepada Allah SWT. Karena untuk melakukan ibadah kepada Allah kita harus dalam keadaan bersih dan suci.
 
Istinja’ secara bahasa adalah terlepas atau selamat. Sedangkan menurut istilah, istinja’ adalah menghilangkan kotoran dan najis setelah buang air besar ataupun air kecil. Beristinja’ hukumnya wajib bagi setiap kaum muslim setelah buang air besar maupun baung air kecil. Sebab segala yang keluar dari alat kelamin maupun anus itu najis, selain mani. Beristinja’ bisa dilakukan dengan tiga cara.

Pertama, membasuh dan membersihkan tempat keluarnya kotoran itu sampai bersih.

Kedua, membersihkan tempat keluarnya kotoran dengan batu, kemudian dibersihkan dan dibasuh dengan air.

Ketiga, membersihkan tempat buang air besar ataupun kecil dengan batu, atau tisu khusus atau benda kesat lainnya sampai bersih. Jika masih ada yang memakai batu, maka sekurang-kurangnya dengan tiga buah batu atau sebuah batu yang memiliki tiga ujung sampai bersih.

Dalil atau alasan hukum wajibnya membasuh atau membersihkan tepat buang air besat dan kecil adalah sebuah riwayat bahwa sesungguhnya Rasulullah Saw. melewati dua kuburan kemudian beliau bersabda, “Sesungguhnya kedua orang yang berada dalam kubur tersebut sedang disiksa. Adapun salah satu orang dari keduanya sedang disiksa karena mengadu-domba orang, sedang orang yang satunya lagi sedang disiksa karena tidak menyucikan kencingnya.” (HR. Bukhari dan Muslim). Ada riwayat lain dari Salman Ra. yang menuturkan: Sungguh Rasulullah Saw. melarang kami menghadap kiblat waktu buang air besar atau buang air kecil – atau berinstinja’ dengan tangan kanan – atau beristinja’ kurang dari tiga batu – atau beristinja; dengan kotoran binatang atau tulang.” (HR. Muslim)

Ada enam syarat istinja’ dengan memakai batu atau benda kesat/keras lainnya, yaitu: (1) Najisnya tak berpindah-pindah dari tempat keluarnya; (2) Tidak bercampur dengan benda  lainnya sekalipun benda itu suci dan tidak terpercik air; (3) Najis tidak melampuai batas tempat keluarnya kotoran; (4) Najis yang akan dibersihkan tidak kering; (5) Batu atau benda kesat/keras Batu atau benda kesat/keras tersebut tidak dihormati, misalnya bahan makanan dan bukan batu masjid.

Dalam berinstinja’, ada beberapa hal yang disunnahkan, yaitu : (1) Mendahulukan kaki kiri ketika masuk dan kaki kanan ketika keluar tempat buang air; (2) Diharapan ketika masuk berdoa: Allahumma inni a’udzu bika minal-khubutsi wal-khaba’itsi (Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari semua setan baik laki-laki maupun perempuan), sedangkan ketika keluar membaca: Ghufranaka, alhamdulillahil-ladzi adzhaba ‘annil-adza wa ‘afani (Aku mengharapkan ampunan-Mu, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan aku dari segala yang tak baik dan menyehatkanku);  (3) Tidak di tempat terbuka. Dari A’isyah Ra. menuturkan bahwa Nabi Saw. bersabda, “Siapa saja yang mendatangi tempat buang air, maka hendaknya ia berlindung (tempat tertutup).” (HR. Abu Dawud). (4) Sebaiknya jauh dari orang sehingga tak terlihat oleh siapun, tak terdengar ketika sedang berak ataupun kencing, dan tidak tercium baunya oleh orang-orang, sehingga mengganggu mereka. (5) Sebaiknya dalam beristinja’ memakai tangan kiri dan selalu dicuci sebelum dan setelahnya.

Di samping hal-hal yang disunnahkan, dalam berinstinjak ada beberapa hal yang dimakruhkan. Hal-hal yang dimakruhkan dalam beristinja’ adalah (1) Menghadap kiblat atau membelakanginya; (2) Membelakangi arah angin; (3) Tidak bercakap-cakap, kecuali sangat terpaksa. Dari Jabir Ra. menurutkan: Rasulullah Saw. bersabda, “Jika dua orang sedang buang air besar, hendaknya masing-masing saling sembunyi dari yang lain dan janganlah berbicara sebab Allah mengutuk perbuatan demikian.”; (4) Melayangkan pandangan ke langit; (5) Buang air di tempat teduh atau tempat-tempat yang biasa dipakai berkumpul orang-orang. Dari Abu Hurairah Ra. menuturkan: Rasulullah Saw. bersabda, “Jauhilah dua perkara yang dilaknat, yaitu orang yang suka buang air besar  di jalan orang banyak – atau- di tempat untuk berteduh.” (HR. Muslim).  (6) Membawa ayat ataupun potongan ayat-ayat suci al-Qur’an.

Demikian saya akhiri postingan saya kali ini, semoga sobat blogger dapat mengambil manfaatnya. Dan saya akhiri dengan Wabillahi Taufik Walhidayah Wassalamualikum Wr. Wb.

Sumber tulisan dan gambar :
ensiklo.com, Imam Taqiyuddin Abu Bakar bin Muhammad al-Husaini al-Dimasyqi, Kifayah al-Akhyar, Semarang: Makrabah Keluarga, Tanpa Tahun.
Chatibul Umam, dkk, Fiqih untuk Madrasah Tsanawiyah, Kudus: Menara Kudus, 2004.
 


Previous
Next Post »

7 komentar

Write komentar
agen poker
AUTHOR
21 October 2016 at 08:02 delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Oyong Ilham
AUTHOR
21 October 2016 at 19:37 delete

mohon maaf ni gan ... komentarnya terpaksa kami hapus,karena sepertinya sdh spam ...

Reply
avatar
dewapoker
AUTHOR
17 November 2016 at 07:41 delete

Terima kasih Informasinya gan , Sangat Membantu dan di tunggu artikel berikutnya^^


PokerOnline Terpercaya
agen poker terbaik

Reply
avatar
Agen Poker
AUTHOR
18 December 2016 at 10:03 delete

Terima kasih Informasinya gan , Sangat Membantu dan di tunggu artikel berikutnya^^


PokerOnline Terpercaya
agen poker terbaik

Reply
avatar
Agen Poker
AUTHOR
18 December 2016 at 10:18 delete

Terima kasih Informasinya gan , Sangat Membantu dan di tunggu artikel berikutnya^^


PokerOnline Terpercaya
agen poker terbaik

Reply
avatar
agen poker
AUTHOR
17 January 2017 at 09:31 delete

Terima kasih Informasinya gan , Sangat Membantu dan di tunggu artikel berikutnya^^


PokerOnline Terpercaya
agen poker terbaik

Reply
avatar
agen poker
AUTHOR
17 January 2017 at 09:56 delete

Terima kasih Informasinya gan , Sangat Membantu dan di tunggu artikel berikutnya^^


PokerOnline Terpercaya
agen poker terbaik

Reply
avatar

Terima kasih telah berkomentar dan berkunjung ke blog ini, Insya Allah akan saya kunjungi balik..... ConversionConversion EmoticonEmoticon