Cara Mengatasi Hati Yang Galau Secara Islami -

 
galau

Assalamualaikum wr. wb

Hati adalah salah satu anugerah Allah swt yang tidak ternilai harganya bagi manusia. Denganhati, manusia dapat merasakan suka, duka, bahagia, derita, kecewa, bangga, danlain-lain. Dengan hati, manusia dapat meraba persaan orang lain. Dengan hatijuga manusia dapat membuat kehidupan ini penuh dengan kedamaian dan kasihsayang. Hati adalah keajaiban Sang Pencipta yang senantiasa menuntun manusiapada cahaya, cahaya kebenaran.
Pada dasarnya,manusia adalah sesosok makhluk yang paling sering dilanda kecemasan. Ketikaseseorang dihadapkan pada suatu masalah, sedangkan dirinya belum atau tidaksiap dalam menghadapinya, tentu jiwa dan pikirannya akan menjadi guncang danperkara tersebut sudahlah menjadi fitrah bagi setiap manusia.
Jangankan kitasebagai manusia biasa, bahkan Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam pun pernahmengalami keadaan tersebut pada tahun ke-10 masa kenabiannya. Pada masa yangmasyhur dengan ‘amul huzni (tahun duka cita) itu, beliau ditinggal wafat oleh pamannya,Abu Thalib, kemudian dua bulan disusul dengan wafatnya istri yang sangat beliausayangi, Khadijah bintu Khuwailid. 
Ya di maklumisaja jika kita sebagai manusia merasakan kegelisahan, gundah gulana, kecemasanataupun kekhawatiran.
Hati ini, padadasarnya telah diciptakan bersih oleh Allah swt bersih dari berbagai macampenyakit. Namun, seiring dengan nafas kehidupan yang terus berhembus dan kianmenua dalam rimba kehidupan, perlahan hati pun mulai terkontaminasi, terkotori,dan akhirnya menjadi tempat bersemayamnya berbagai macam penyakit, yang salah satunyaadalah penyakit gelisah itu tadi.
Gelisah,memang satu penyakit hati yang sangat berbahaya namun hampir tidak pernahdipertimbangkan oleh kebanyakan manusia. Karena, biasanya mereka sudah memilikicara masing-masing untuk menghilangkan gelisah tersebut. Ada yangmenghilangkannya dengan cara-cara yang sesuai atau tidak melanggar syariat,namun banyak pula yang menghilangkan penyakit tersebut dengan cara-cara yangmenyimpang dari syariat. Akibatnya, gelisah mereka hilang, dosa pun menerkam.
Allah swttelah menciptakan dan menganugerahkan hati bagi manusia sebagai salah satuperangkat kehidupan yang sangat vital, yang akan membantu melihat dan mendengarseruan Allah swt, yang akan membantunya dapat merasakan apa yang tengahdirasakan oleh orang lain. Namun, kita juga mengetahui bahwa segala sesuatu ituada, tiada, terjadi, dan tidak terjadi hanya karena Allah swt. Dari sana, kitajuga tahu bahwa Allah swt-lah yang telah menciptakan penyakit, dan Allahswt-lah yang memiliki penawarnya. Dan satu-satunya penawar yang paling efektifdan tidak bertentangan dengan syariat Islam untuk menangkal atau mengobatipenyakit gelisah adalah dengan cara selalu mengingat Allah swt, sebagaimanatelah dikatakan dengan jelas oleh Allah swt di dalam Al Quran, yang artinya:
“(yaitu) orang-orang yangberiman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah,hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar Ra’du : 28)

Dalam keseharian semua orangmembutuhkan katenangan hati, dan untuk mendapatkan ketenangan hati bukanlah halyang mustahil. Allah SWT mengajarkan kepada kita langkah nyata mendapatkanketenangan hati, yaitu dengan berdzikir, ingatlah, dengan dzikir mengingat Allah hati akan tentram. Sebaliknya, ketika kita jarang ingat kepadaAllah, hati akan kering dan gersang.
Di artikel ini, sedikit akandi dipaparkan bagaimana Cara Islam untuk Menenangkan Hati kita yang sedang dalam keadaan galau sesuai Syari’at Islam tentunya. Di antaranya adalah :
1.     Sabar
Hal pertamayang dilakukan oleh Nabi Muhammad ketika menghadapi cobaan yang tiada hentiadalah dengan meneguhkan jiwa dalam bingkai kesabaran. Karena dengan kesabaranitulah seseorang akan lebih bisa menghadapi setiap masalah berat yangmendatanginya.

Allah Ta’ala berfirman:
“Sesungguhnya Allahbersama orang-orang yang sabar”(Qs. Al-Baqarah 153).

Selainmenenangkan jiwa, sabar juga dapat menstabilkan kacaunya akal pikiran akibatberatnya beban yang dihadapi. Ujian yang Tuhan berikan kepada kita itusebenarnya untuk menguji keimanan kita. Jika kita sabar melewai cobaan danujian akan meningkatlah level iman kita. Bukankan Allah itu menguji hamba-Nyasesuai dengan kemampuan hamba-Nya. Jika ujian itu datang padanya, berarti Allahyakin kita bisa melewatinya. Allah saja yakin, masa kita Ngga sih…

2.     Adukanlah semua itu kepada Allah
Ketikaseseorang menghadapi persoalan yang sangat berat, maka sudah pasti akan mencarisesuatu yang dapat dijadikan tempat mengadu dan mencurahkan isi hati yang telahmenjadi beban baginya selama ini. Allah sudah mengingatkan hamba-Nya di dalamayat yang dibaca setiap muslim minimal 17 kali dalam sehari:

“Hanya kepada-Mulah kamimenyembah, dan hanya kepada-Mulah kami meminta pertolongan” (QS. Al Fatihah 5).

Ketika keluhanitu diadukan kepada Sang Maha Pencipta, maka akan meringankan beban berat yangkita derita. Kalo kita curhat sama teman, mukin malah akan membuka aib kitasendiri malah kan????.....
Ok…..
Mukin diantara kalian ada yang lebih milih curhat ma temen. Syukur temen kita bisa bisadipercaya dan gak menyebar luaskan masalah kita, lha kalo temen kita emberalias gak bisa jaga rahasia, yang ada malah menambah masalah karna aib kita diumbar-umbar. Udah deh…… curhaynta sama Sang Pencipta aja.

Ya...... 
Mengingat bahwamanusia adalah makhluk yang banyak sekali dalam mengeluh, tentu ketika keluhanitu diadukan kepada Sang Maha Pencipta, maka semua itu akan meringankan bebanberat yang selama ini kita derita.
Rasulullahshalallahi alaihi wasallam ketika menghadapi berbagai persoalan pun, maka halyang akan beliau lakukan adalah mengadu ujian tersebut kepada Allah Ta’ala.Karena hanya Allah lah tempat bergantung bagi setiap makhluk.

3.     Positive thinking
Positivethinking atau berpikir positif, perkara tersebut sangatlah membantu kita untuk mengatasirasa galau yang sedang kita rasa. Karena dengan berpikir positif, maka segalabentuk-bentuk kesukaran dan beban yang ada dalam diri kita menjadi terobatikarena adanya sikap bahwa segala yang maslah yang dihadapi, pastilah mempunyaijalan yang lebih baik dan jalan keluar  yang sudah ditetapkan oleh Allah Ta’ala. Akanselalu ada jalan jika kita percaya kalo Allah swt akan menoong kita. Intinya,kita haarus selalu berfikir positif sama Allah, jangan pernah suudzhon samaSang pencipta. Ini sejalan dengan firman Allah swta dalam ayat berikut;

“Karena Sesungguhnyasesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu adakemudahan” (Qs Al-Insyirah 5-6).

Ini janjiAllah di dalam Al-Qur’an. Akan selallu ada kemudahan di setiap kesulitan. Masihragu juga sama janji Allah.??????...

4.     Dzikrullah (Mengingat Allah)
Naaaaahhh…
Ini yangpaling penting. Orang yang senantiasa mengingat Allah Ta’ala dalam segala halyang dikerjakan. Tentunya akan menjadikan nilai positif bagi dirinya, terutamadalam jiwanya. Karena dengan mengingat Allah segala persoalan yang dihadapi,maka jiwa akan menghadapinya lebih tenang. Sehingga rasa galau yang ada dalamdiri bisa perlahan-perlahan dihilangkan. Dan sudah merupakan janji AllahTa’ala, bagi siapa saja yang mengingatnya, maka didalam hatinya pastilah terisidengan ketenteraman-ketenteraman yang tidak bisa didapatkan melainkan hanyadengan mengingat-Nya.
Satu hal yang harus diingat adalah, untukdapat selalu mengingat Allah swt dan berhasil menghapus atau menangkal rasagelisah, dzikir tidak hanya dilakukan sebatas ucapan lisan dan atau hati saja.Dzikir kepada Allah swt merupakan rangkaian aktivitas yang melibatkan segenaphati, lisan, dan juga perbuatan. Tanpa bersatunya ketiga aspek tersebut, makasulit pula atau bahkan tidak mungkin bagi hati kita untuk bersatu dengan Allahswt.

5.     Sholat
Sholat yangmerupakan ibadah paling utama bagi umat muslim juga merupakan salah satu saranapenangkal dan penawar berbagai macam penyakit hati yang bersarang di dalam dadamanusia. Jelas saja, sholat merupakan ibadah yang totalitas hanya mengingatkepada Allah swt, yang secara total juga hanya diisi dengan kalimat-kalimatdzikrullah, ayat-ayat Allah swt.
Allahberfirman :

“Allah telah menurunkanperkataan yang paling baik (yaitu) Al Quran yang serupa (mutu ayat-ayatnya)lagi berulang-ulang , gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepadaTuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingatAllah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yangdikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, niscaya tak ada baginyaseorang pemimpinpun.” (QS.AzZumar : 23)

Sholatmerupakan aktivitas komunikasi langsung dengan Allah swt, Zat yang menggenggamdan menguasai segala hati, yang menciptakan penyakit dan yang menyembuhkannyatanpa rasa sakit. Jika seseorang telah terhubung dan berkomunikasi dengan Allahswt secara langsung dalam sholat yang khusyuk, maka mustahil baginya terserangpenyakit gelisah. Karena gelisah menyerang hati, dan Allah swt-lah yangmenggenggam dan menguasai segala hati.

Bersabar, mengadu kepadaAllah, berpikir positif, Dzikrullah, dan sholat adalah solusi segala persoalan,termasuk masalah penyakit hati termasuk rasa gelisa, resah, gundah, gulana,galau ato papun itu.

Sebagaimana firman-Nya:

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjaditenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah lahhati menjadi tenteram” (QsAr-Ra’du 28).

Berbeda dengan orang-orang yang lalai kepada Allah,yang di mana jiwa-jiwa mereka hanya terisi dengan rasa kegelisahan, galau,serta kecemasan semata. Tanpa ada sama sekali yang bisa menenangkan jiwa-Nya.
Tentunya, sesudah mengetahui tentang faktor-faktoryang dapat mengatasi persoalan galau, maka jadilah orang yang selalu dekatkepada Allah Ta’ala. Bersabar, berpikir positif, mengingat Allah, sertamengadukan semua persoalan kepada-Nya merupakan kunci dari segala persoalanyang sedang dihadapi. Maka dari itu, Janganlah galau, karena sesungguhnya Allahbersama kita.


TIPS MENGATASI TEKANAN PERASAAN
Terakhir, sedikit adminberi tambahan mengenai Tips Mengatasi Tekanan Perasaan akibat rasa cemas, resah, gelisah, galau, gundah,gulana dan sejenisnya, diantaranya adalah:

1.     Bawa-bawalah bertenang
Bila kitamenyarankan seseorang supaya bertenang apabila dia marah, gelisah, sedih dansebagainya, pernahkah kita terfikir untuk mengajak atau mengajar cara-carauntuk memenangkan diri?
Apa yangselalu saya praktikkan bila saya ingin menenangkan diri sendiri, saya akantarik nafas dalam-dalam, dan lepaskan perlahan-lahan. Bagi yang beragama Islam,dianjurkan untuk beristighfar saat melepaskan nafas, bacalah “astagfirullahhal ‘aziim al-lazi laa ila ha illa huwal hayyul qayyum wa atuubu ilaik” danpusatkan fikiran bahwa kita sedang memohon ampun daripada Allah. Insya Allah,biasanya jika diulang sebanyak 7 kali, anda akan kembali tenang.

2.     Biasakan diri berada dalam keadaan suci dari najis (Menjaga Wudhu)
 Jiwa kita akan menjadi tenang jika membiasakan dirimengambil wudu sebelum melakukan pekerjaan. Kerja yang susah akan menjadisenang dan mudah diselesaikan. Para pelajar misalnya, disarankan agarmembiasakan diri mengambil wuduk sebelum memulai pelajaran agar apa yang dibacaakan mudah diingati. Dan akan mudah diingat nantinya.

3.     Membaca al-Quran, zikir dan selawat
Jadikanlah al-Quransebagai teman paling akrab pada sepanjang waktu. Sesungguhnya ayat Al-Quranadalah penenang jiwa yang paling mujarab. Selain itu kita juga harus senantiasaberzikir dan berselawat agar hati sentiasa tenang dan tidak gusar. Kita perluyakin bahawa walau bagaimana hebat tekanan yang kita alami, pertolongan AllahSWT tetap ada. Kerana settrlah ada kesempitan pasti ada kelegaan dan selepaskepayahan pasti ada kesenangan.

4.     Cintai diri sendiri
“Cintailahdiri kamu sendiri sebelum kamu mencintai diri orang lain.” Jelas daripadamaksud sepotong hadis ini, kita dapat memahami bahawa kita perlu mencintai dirisendiri terlebih dahulu berbanding orang lain. 

5.     Perbanyak menjalankan Sholat-sholat Sunnah
Sebagaimakhluk paling mulia di sisi Allah, kita dituntut membanyakkan amal ibadak kitasehari-hari. Diantaranya, dengan mendirikan solat sunat. Seperti Solat sunatdhuha, solat sunat hajat, solat sunat taubat, solat sunat tasbih, solat sunattahajud dan sebagainya. Biasakan bangun pada sepertiga malam dan mendirikansolat-solat sunat tersebut agar kita peroleh ketenangan dan kekuatan daripadaAllah.

6.     Selalu berdoa kepada Allah SWT
Allah telahberpesan yaitu jangan menyembah selain daripada-Nya. Ini berarti bahwa kitadituntut berdoa hanya kepada Allah yang Maha Esa dan dilakukan secara rutin.

7.     Bersangka baik dengan Allah SWT
Kita sebagaimanusia tidak akan terlepas dari ujian dalam hidup. Semuanya itu adalah ujiandaripada Allah bertujuan menguji keimanan kita sebagai hamba-Nya. Oleh itu,kita wajib bersangka baik dengan Allah dan janganlah menyalahkan takdir-Nyajika terjadi sesuatu terhadap diri kita. Kita juga harus percaya bahawa akan adahikmah di sebalik musibah yag menimpa kita.

8.     Mengurus masa dengan baik
Jangan rakus untukmenghabiskan semua kerja dalam satu waktu. Kerjakan semaksimal mungkinpekerjaan kita.

9.     Berhubung dengan keluarga, saudara, dan tetangga 
Sejatinya,manusia adalah mahluk social, yang selalu membutuhkan orang lain. Tidak akanmungkin manusia itu dapat hidup sendiri tanpa adanya orang lain, termasukkeluarga, tetangga dan orang-orang sekitar. Sudah barang pasti mereka akansaling membutuhkan satu sama lain.

10.  Lakukan aktivitas di luar rumah 
Banyak yangbilang bahawa di dalam badan yang cerdas akan membentuk otak yang cergas.Segala tekanan sewaktu belajar atau bekerja akan dilupakan apabila kitamelakukan aktiviti-aktiviti fizikal yang dapat menyihatkan tubuh badan seperti berolahraga.Jangan duduk diam dan berkurung dalam rumah sambil mendengarkan atau lagu-lagusedih yang menyayatkan jiwa hati, ini hanya menambahkan sebak di dada.

11.  Aktiviti bersama alam
Sentiasamemelihara hubungan dengan alam. Anugerah alam ciptaan Allah SWT berupayamenenangkan, menyemai iman dan penawar bagi manusia. Biasakan berkebun, menanamdan menjaga pohon bunga bukan sahaja menyehatkan malah akan membantu memupukdiri memelihara alam. 

12.  Menangis dengan sepuas hati 
Jika denganmenangis hati kita akan tenang, keluarkan saja airmata mu itu. Jangan ditahan.Akan sedikit muncul ketenagan saat kita sudah bisa mengeluarkan air mata saatmenahan perasaan yang ada dalam diri kita.

13.  Hargai Potensi diri sendiri
Kembangkankemampuan yang kita miliki, jangan di simpan saja atau dipendam kemampuan itujika memang itu baik untuk diri kita dan masyarakat.

14.   Fokus kepada warna yang menenangkan
Penelitian membuktikanbahawa warna memberi kesan kepada perasaan kita. Warna merah terang, oren dankuning memberikan kita tenaga. Kombinasi warna merah dan kuning menyebabkandarah kita mengalir dan menaikkan suhu badan. Biru dan hijau memberi kesanmenyejukkan dan menenangkan. Anda pasti bisa mengenalpasti warna dengan caraanda sendiri untuk mengubah perasaan yang anda inginkan.

15.  Hirup aroma yang menyenangkandan menenagkan
Minyakaromaterapi dengan aroma lavender terkenal dengan aroma menenangkan. Anda bolehcuba hangatkan minyak aromaterapi dengan aroma lavender atau bau apa saja yangkalian gemari.
16. Hindari keributan
Bunyi boleh memberi kesan kepada perasaan kita. Kita dilahirkan dengan perasaan yang tidakselesa kepada keributan. Keributan juga bisa memberi tekanan dalam diri. Iajuga bisa menaikkan tekanan darah, mempercepatkan detak jantung dan memberikesan psikologi yang lain. Walau bagaimanapun tidak semua bunyi memberi kesanburuk. Musik contohnya bisa memberi kesan yang baik kepada perasaan dankesihatan diri kita.Terutama music yang bernuansa Islam.

Nah…..
Itu tadi sedikit tips untuk menenangkan hati yangsedang gelisah, gundah, resah, galau ataupun sejenisnya. Semoga bermanfaat ya.

Semoga hati kita bisa kembali tenang dan selalu bisa dekatdengan Sang Pencipta. Adukan semua persoalan yang kita hadapi hanya kepadaAllah. Karna Ia lebih berhak mendengarkan keluh dan kesah semuahamba-hamba-Nya. Sekian dulu artikel ini saya bagikan biar hati kita tidak galau lagi. Wassalamualikim wr. wb.
Sumber Gambar dan Tulisan : www.fadhilza.com, www.facebook.com/notes/tri-rizqi-annisa-fitri
Previous
Next Post »

10 komentar

Write komentar
lagu cinta
AUTHOR
10 May 2016 at 12:03 delete

Infonya sangat bermanfaat.
Sukses terus buat admin.

Reply
avatar
Oyong Ilham
AUTHOR
2 June 2016 at 21:39 delete

terimakasih sdh berkunjung .....

Reply
avatar
@dmin
AUTHOR
15 October 2016 at 03:53 delete

Kunjungan balik, makasih dah coment di blog saya..

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
15 October 2016 at 06:18 delete

sama-sama mas , terima kasih juga sdh mau mampir kesini

Reply
avatar
sheieka
AUTHOR
9 November 2016 at 09:36 delete

keren blognya, tentang islam. Tq artikelnya sangatt membantu saya.

Reply
avatar
mas mimow
AUTHOR
25 November 2016 at 05:58 delete

DZikir jalan dan stop galau...

Reply
avatar
3 May 2017 at 14:45 delete

inti nya tetap yah harus lebih mendejatjan diri kepada yang diatas di saat suasana apapun

Reply
avatar
4 March 2022 at 17:17 delete

Best 9 casinos in Reno and Reno: Mapyro
Looking 과천 출장샵 for the best casino near 의정부 출장샵 Reno 동해 출장안마 and Reno? Choose 군산 출장안마 from 3 hotels and enjoy the casino's great amenities. What are the closest 오산 출장샵 casinos to Reno?

Reply
avatar

Terima kasih telah berkomentar dan berkunjung ke blog ini, Insya Allah akan saya kunjungi balik..... ConversionConversion EmoticonEmoticon