Perjalanan Terberat Itu Adalah ke Mesjid, Benarkah ??? -



Assalamualaikum Wr. Wb

Setiap orang senang melakukan perjalanan untuk menjelajahi dunia tetapi perjalanan terberat itu adalah saat menuju ke masjid. Banyak orang yang memiliki hobi traveling untuk melihat indahnya dunia bahkan mereka rela mengeluarkan banyak uang untuk melakukannya, tetapi sayangnya masih banyak diantara kita yang berat untuk pergi ke masjid menunaikan sholat berjamaah padahal Allah SWT telah menjanjikan pahala yang berlipat ganda bagi hamba-Nya yang menunaikan sholat berjamaah di masjid.


Mesjid
Add caption

Perjalanan Terberat Itu Adalah Saat Ke Masjid

Tahukah Kamu perjalanan terberat itu saat ke masjid? Sebagian besar orang merasa bangga dan senang karena telah melakukan perjalanan jauh untuk rekreasi atau untuk bekerja hingga ke luar negeri. Mereka sering memamerkan kebahagiaan saat melakukan traveling hingga ke luar negeri atau telah mampu menaklukan sebuah gunung tertinggi melalui media sosial, bahkan kita juga sering memuji orang-orang tersebut. Hal inilah yang menjadi salah satu kekeliruan yang hingga saat ini telah mengakar dengan kuat.

Sesungguhnya perjalanan yang sangat berat dan susah untuk ditaklukan oleh setiap muslim adalah perjalanan sholat berjamaah di masjid. Banyak masjid yang dibangun dengan megah dan mewah tetapi sayangnya hanya beberapa baris jamaah saja yang menjalankan sholat berjamaah didalamnya. Sungguh ironis, bukan? Banyak orang yang rela mengantri untuk bepergian jauh sekedar rekreasi saja tetapi hanya sedikit muslim yang mau melakukan perjalanan ke masjid untuk menunaikan sholat berjamaah.
blue;">Rosulullah telah menjelaskan melalui hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari bahwa sholat berjamaah lebih utama dibandingkan dengan sholat sendiri dan Allah SWT telah menjanjikan pahala yang berlipat ganda untuk hamba-Nya yang menjalankannya, yaitu pahala sebanyak 27 derajat. Jika Allah SWT memperlihatkan pahala yang akan diterima setiap muslim yang menjalankan sholat jamaah di masjid pastilah mereka akan berbondong-bondong ke masjid dan jika perlu mereka akan merangkak untuk menjalankan sholat shubuh berjamaah.

Jadi sungguh aneh jika ada seorang muslim yang malu untuk melakukan perjalanan ke masjid untuk melakukan sholat berjamaah karena takut dianggap sok alim dan mereka malah bangga karena telah berhasil melakukan perjalanan jauh keluar negeri atau telah berhasil menaklukan tingginya gunung. Jadi memang benar bahwa perjalanan terjauh dan terberat adalah ke masjid.

Sebagai seorang muslim hendaknya kita terus memperbaiki diri dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kepada Allah SWT dengan menjalankan sholat wajib 5 waktu. Alangkah beruntungnya jika kita mulai untuk membiasakan diri untuk melakukan sholat wajib lima waktu tepat waktu dan secara berjamaah dimasjid karena Allah SWT telah mempersiapkan pahala yang berlipatganda bagi hamba-Nya yang menjalankan sholat wajib secara berjamaah di masjid.

Setiap langkah kaki perjalanan seorang muslim menuju masjid akan dihitung sebagai amal ibadah yang besar dan disetiap langkah kakinya telah dibarengi oleh para malaikat sehingga rahmad Allah SWT selalu ada bersamanya.

Meskipun banyak diantara kaum muslim yang telah berhasil melakukan perjalanan ibadah haji di kota Mekkah tetapi masih banyak diantara mereka yang tidak berhasil melakukan perjalanan terjauh ke masjid. Padahal ibadah yang utama adalah ibadah sholat wajib 5 waktu dan alangkah lebih baik jika dikerjakan secara berjamaah di masjid. Maka tak heran jika perjalanan ke masjid merupakan perjalanan terberat dan terjauh bagi seorang muslim daripada perjalanan jauh lainnya.

Meskipun terlihat mudah dan sepele tetapi hanya segelintir orang saja yang mampu menaklukan perjalanan menuju masjid. Semoga kita termasuk orang-orang yang diberi kekuatan untuk melakukan perjalanan ke masjid.
Demikan postingan saya kali ini, Wassalamualikum Wr. Wb

Sunber gambar dan tulisan : www.redaksione.com
Previous
Next Post »

20 komentar

Write komentar
KHAIRUL AMRAN
AUTHOR
17 September 2016 at 14:33 delete

Bukan... perjalanan terberat ialah ke kuburan. Sampai kita tidak mampu mengangkat kaki..

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
17 September 2016 at 23:15 delete

Ehmmmm ... Memang ke kuburan pun terasa berat juga untuk melangkahkan kaki kita Mas Khairul..... Sama beratnya untuk melakukan ibadah sholat berjamaah ke mesjid.....

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
19 September 2016 at 19:37 delete

tak dapat dinafikan yang kebanyakkan kita memang berat nak ke masjid. tapi tak boleh la katakan ia adalah terberat :)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
19 September 2016 at 21:20 delete

bukan bermaksud untuk mengatakan kalau ke mesjid itu terberat mas syazwan norhalik ...tetapi untuk melangkahkan kaki melakukan sholat berjamaah itu sulit untuk digerakkan .... kalau tdk dengan hati yang ikhlas ...:)

Reply
avatar
26 September 2016 at 08:57 delete

yap betul sekali, kadang merasa terburu-buru jadi sholat di lakukan dirumah padahal tak ada hal yang membuat kita terburu-buru...

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
26 September 2016 at 12:41 delete

yach ... trkadang pekerjaaan di kantor juga membuat kita jadi buru2 mas Ficri ...saya pun tdk bisa pungkiri .. kalau sdh ada pekerjaan deadline ... tdk sempat mau kemesjid ...

Reply
avatar
raihanah
AUTHOR
29 September 2016 at 07:09 delete

betul tu, solat selalu jadi program yang dilambat2kan.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
29 September 2016 at 13:28 delete

begitulah kebanyakan orang sekarang mbak raihanah...tapi ya masih mendingan daripada tidak sholat sama sekali ...:)

Reply
avatar
jie susanos
AUTHOR
1 October 2016 at 13:22 delete

btul tu tuan..memang sdikit antara kita yg melakukan solat berjemaah..

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
1 October 2016 at 19:34 delete

memang berat rasanya kaki ini mau melangkah bang Jie ke mesjid untuk sholat berjamaah ... tapi kalau dengan niat yg ikhlas Insya Allah bisa ....:)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
3 October 2016 at 12:37 delete

ada benarnya juga. kalaulah waktu solat yang lain sama ramainya dengan waktu solat jumaat di masjid. pasti bagus. kan?

www.ceritaejoy.com

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
3 October 2016 at 12:45 delete

ya ....benar sekali tu bg hafizul ... terlebih sholat berjamah diwaktu shubuh....menurut hadis yg prnah saya baca, kalau lah orang mengetahui pahala berjamaah sholat shubuh itu, Niscaya ia akan ke mesjid walaupun dgn merangkak

Reply
avatar
Alris
AUTHOR
18 October 2016 at 10:01 delete

Ya betul sekali apa yang Ilham bilang. Kost saya dekat masjid, tapi malasnya ke masjid waktu subuh perlu perjuangan berat. Ya, Allah swt semoga hamba di mudahkan beribadah di rumah-MU.

salam

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
18 October 2016 at 13:08 delete

tdk bisa dipungkiri saya pun sama Bg Alris... Rasanya susah sekali mau bangun untuk sholat Shubuh...

Reply
avatar
cik tom
AUTHOR
20 October 2016 at 17:32 delete

rasa sentap baca artikel ni..ciktom sendiri pun kadang2 suka melewatkan solat..pe ntah lagi pergi masjid..hmmm

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
20 October 2016 at 18:12 delete

saya juga sama kok Puan Ciktom, lebih - lebih lagi sholat shubuh ... berat rasa mata mau terbuka ...........

Reply
avatar
Prima Hapsari
AUTHOR
25 October 2016 at 05:38 delete

Musholla di kantor jaraknya tak lebih dari 300 meter, tapi entah kenapa rekan kantor banyak yg enggan sholat disana, ehm ternyata memang berat ya perjalanan menuju masjid.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
25 October 2016 at 06:34 delete

ehm ... dengan niat yg tulus .. Insya Allah tdk akan berat kaki ini untuk melangkah ke Mesjid Mbak Prima Hapsari...

Reply
avatar
Ahmad
AUTHOR
5 December 2016 at 20:55 delete

apalagi sholat shubuh berjamaaah , berat sekali rasanya untuk melaksanakannya

Reply
avatar
tom
AUTHOR
6 March 2017 at 08:04 delete

Kalau ada temennya, enak. Bisa tep semangat. Bisa saling mengingatkan. Kan jarang banget males-malesan bareng. Biasanya tep ada salah satu yang mengingatkan. Kalau sendiri, godaannya terlalu besaaaar.. Musti istiqomah banget-banget lah itu

Reply
avatar

Terima kasih telah berkomentar dan berkunjung ke blog ini, Insya Allah akan saya kunjungi balik..... ConversionConversion EmoticonEmoticon