Freelancer, Inilah Cara Mengatasi Klien Yang Tidak Yakin Dengan Kerjamu



Assalamualaikum Wr. Wb

Selamat malam sobat blogger semua . Apa kabarnya ?? semoga sehat dan dalam lindungan Allah SWT. amin . Kembali lagi saya coba memposting artikel mengenai Freelancer, tentu para sobat blogger ada yang sudah menjadi Freelancer. 
Dalam dunia freelance, kepercayaan adalah sesuatu yang sangat berpengaruh signifikan terhadap bisnis ini. Tidak akan pernah berhasil kita sebagai seorang freelancer tanpa memperoleh kepercayaan dari klien. yang kita tuju Tentu saja klien di sana tidak semua memiliki karakter yang sama. Ada yang sangat percaya pada kerja kita sebagai freelancer, ada yang justru sebaliknya. Model klien seperti ini yang sedikit memerlukan penanganan yang berbeda dan agak sedikit perlu cara yang ekstra tentunya.
Jika kita sulit mendapatkan kepercayaan darinya, maka bisa menjadi potensi yang merugikan terhadap reputasi yang sudah kita bangun selama ini sebagai freelancer yang recommended. Nah, jangan biarkan itu terjadi pada diri kita sobat blogger, segera antisipasi dan selesaikan masalah tersebut dengan baik. Perhatikan beberapa tips di bawah ini untuk mengatasinya.

1. Yakinkan Mereka Dengan Memberi Informasi yang Benar

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk meyakinkan mereka adalah dengan memberikan informasi yang benar. Berikan informasi tentang sampai di mana proyek dari klien yang sedang kita kerjakan.
Jika masih sampai pada 25% misalnya, ya sampaikan saja apa adanya, jangan lantas menyampaikan pada klien sudah 50%. Ini biasanya sering terjadi untuk menyenangkan klien terhadap apa yang dipesankan. Dengan memberikan informasi yang sesuai dengan fakta, saya yakin akan menambah tingkat kepercayaan dari klien kita sendiri dan tentunya ini bermanfaat bagi kita untuk kedepannya.

2. Perlihatkan Apa yang Kita Kerjakan Pada Klien

Ketidakpercayaan klien bisanya bisa terbaca ketika mereka banyak menanyakan sesuatu yang tak jarang tidak penting. Dan, ini akan membuat kita merasa terganggu dengan pertanyaan dari mereka. Rangkaian pertanyaan semacam “bagaimana Anda membuat ini”, “bagaimana Anda menyelesaikannya” itu menunjukkan bahwa mereka tidak yakin dengan apa yang kita kerjakan.
Coba sesekali perlihatkan bagaimana cara kita bekerja dan menyelesaikan proyok-proyek yang ada. Bisa dengan merekam dengan video, atau dengan memberikan foto, cara ini bisa sedikit meredam ketidakyakinan mereka terhadap apa yang kita kerjakan.

3. Berusahalah Semaksimal Mungkin Dalam Mengerjakan Setiap Proyek

Mungkin ada banyak alasan bagi para klien untuk tidak yakin terhadap apa yang kita perbuat. Salah satunya mungkin karena mereka tidak kenal pada kita sebelumnya. Nah, cara terbaik klien bisa mengetahui kapasitas kita adalah dengan melihat proyek-proyek yang pernah kita kerjakan sebelumnya.
Di sinilah pentingnya kita harus selalu mengerjakan proyek dengan maksimal dan penuh dedikasi. Jangan mudah puas diri, akan semakin bagus dan meyakinkan apabila kita bisa selalu meningkatkan kualitas pekerjaan kita. Karena kita adalah seorang pekerja freelancer, maka kualitas lah yang menjadi jualan utama kita bukan kuantitas ya sobat blogger. Maka dengan meningkatkan kualitas, tentu dengan sendirinya reputasi akan terbangun sehingga kita akan semakin mudah mendapatkan kepercayaan dari klien.

4. Selalu Informasikan Perkembangan Terbaru 

Dengan selalu memberikan informasi perkembangan terbaru, diharapkan klien bisa semakin yakin pada kita bahwa kita adalah mampu dan sedang bekerja. Informasi itu menunjukkan bahwa proyek dari klien benar-benar dikerjakan dan sedang diproses.
Bukan berarti kita harus menyampaikannya setiap hari, tapi lebih kepada signifikansi perkembangan proyek yang sedang kita kerjakan. Mungkin dari 10% menjadi 20% begitu selanjutnya, dengan cara seperti ini bisa membuat klien lebih percaya pada kita dan mereka bisa lebih tenang.
Selain itu, dengan menyampaikan perkembangan terbaru juga bisa meningkatkan komunikasi kita dengan mereka. Tentunya komunikasi yang lancar akan membuat hubungan keterikatan semakin terbangun yang pada akhirnya akan meningkatkan rasa yakin dari mereka kepada kita.

5. Tetap Fokus dan Profesional Meski Ditekan

Sikap ini sangat perlu kita jaga, tetaplah menjadi serang profesional meskipun keadaan menghimpit kita. Kebanyakan klien yang tidak yakin dengan pekerjaan kita, biasanya cenderung akan menekan kita. Tetaplah sabar dan fokus dalam mengerjakan proyek dari mereka agar hasilnya tetap bisa maksimal. jawab ketidakyakinan klien dengan hasil kerja yang maksimal.
Jangan terlihat sebagai seorang yang panik, tunjukkan kemampuan kita pada mereka. Panik akan justru akan  membuat klien semakin tidak percaya dengan kerja kita. Tenang saja dan tetap fokus pada pekerjaan.

Sebagai seorang freelancer, kita harus memperhatikan betul hal ini. Karena jika kita tidak serius menangani klien yang tidak yakin pada kita ini, imbasnya akan sangat buruk pada pekerjaan kita ke depan.

Demikian dulu postingannya ya sobat blogger .. semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Wassalamualakum Wr. Wb.

Sumber : www.maxmanroe.com
Previous
Next Post »

Terima kasih telah berkomentar dan berkunjung ke blog ini, Insya Allah akan saya kunjungi balik..... ConversionConversion EmoticonEmoticon