Inilah Nilai Tukar Uang Dollar di Zimbabwe



Assalamu'alaikum Wr. Wb
Kembali lagi di malam rabu ini saya akan memposting tulisan yaitu tentang mata uang Zimbabwe, walaupun ekarang mata uang kita saat ini sangat terpuruk, ternyata masih ada mata uang dinegara lain yang sangat jauh lebih parah lagi. Ya ..... Mata Uang Zimbabwe.

Nilai uang Dollar Zimbabwe sangat jatuh yang dipicu hiferinflasi beberapa tahun lalu. Akibatnya uang sebesar 100 Milyar Dollar Zimbabwe hanya bisa untuk membeli 3 butir telur. Wawwwww .... bisa anda bayangkan betapa tidak bernilainya mata uang tersebut.

Jika dalam buku tabungan anda terdapat sebuah angka dengan deretan 15 nol dibelakangnya, maka anda bisa menganggap diri anda sebagai orang kaya.

Namun tidak demikian bagi warga negara Zimababwe yang pekan ini pasca Pemerintahnya menarik peredaran uang lokal dan menggantinya dengan uang Dollar AS. penarikan ini disebabkan nilai Dollar Zimbabwe sudah sangat jauh dan tidak berharga lagi.

Hiperinflasi yang terjadi beberapa tahun lalu menghancurkan nilai tukarDollar Zimbabwe. Kini 1 Dollar AS setara dengan 35 Kuadriliun Dollar Zimbabwe. Jumlah 35 Kuadriliun adalah angka dengan 15 angka nol dibelakangnya.

Dipuncak krisis ekonomi Zimababwepada 2008, harga barang-barang kebutuhan pokok melonjak 2 kali  sehari.Untuk membeli kebutuhan Pokok, seperti Roti atau Susu, warga Zimbabwe harus menyediakan beberapa kantong plastik untuk membawa setumpuk uang.
Akibat begitu tak berharganya mata uang lokal mereka, pada tahun 2009, warga Zimababwe lebih banyak menggunakan mata uang asing seperti Dollar As dan mata uang Afrika Selatan, Rand , dalam transaksi sehari-hari.

Pecahan tertinggi yang pernah dicetak Bank Central Zimbabwe (RBZ) adalah 100 Triliun Dollar yang hanya cukup untuk ongkos naik bus selama sepekan. Adapun uang sebesar 100 Milyar Dollar Zimbabwe hanya bisa ditukar dengan 3 Butir Telur saja. Selain untuk naik bus dan membeli telur, apa lagi yang bisa dibeli dengan mata Dollar Zimbabwe ??????

Sebuah situs belanja online Zimbabwe menawarkan 2 gulung Sosis dengan harga 50,7 Kuadriliun Dollar Zimbabwe atau sekitar 19.000 saja. Pembersih toilet dihargai 102,5 Kuadriliun Dollar Zimbabwe atau Rp. 40.000 dan sepasang sarung tangan lateks bisa diperoleh dengan harga 107,4 Kuadriliun Dollar Zimbabwe atau hampir Rp. 50.000.

Namun mulai Senin (16/6/2015) waktu setempat, warga Zimbabwe bisa pergi ke Bank setempatuntuk menukarkan uang lama mereka dengan Dollar AS.
Setiap orang yang menukarkan 250 Triliun Dollar Zimbabwe akan memperoleh 1 Dollar AS. Artinya, pemilik 100 Triliun Dollar Zimbabwe hanya akan mendapatkan uang sebesar 40 Sen AS atau kurang dari Rp. 7.000 saja.

Jadi masih bersyukur kita bahwa nilai tukar Rupiah masih tergolong tinggi di banding Dollar Zimbabwe.
Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi sahabat Blogger semua. Amin ya Rabbal Alamin. Demikian saya sudahi dulu Postingan saya kali ini . kita jumpa lagi di Postingan saya selanjutnya.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Sumber : internasional.kompas.com
Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
29 November 2016 at 11:36 delete

Wah. Kalo kesana bisa berasa jadi orang kaya dong ya..

Reply
avatar
3 May 2017 at 15:56 delete

itu kek nya telur gajah kali yah hahaha
dikita mah punya duit 20 juta juga belagu nya udah selangit hmmm

Reply
avatar
Jade
AUTHOR
28 November 2021 at 02:31 delete

Great post thannkyou

Reply
avatar

Terima kasih telah berkomentar dan berkunjung ke blog ini, Insya Allah akan saya kunjungi balik..... ConversionConversion EmoticonEmoticon