Inilah Temuan Peneliti : Manusia Masa Depan Bisa Hidup Hingga 200 Tahun



Assalamualaikum Wr. Wb
Selamat malam sobat blogger …

Kembali lagi saya akan coba memposting artikel, kali ini mengenai kehidupan manusia masa depan, yang katanya bisa mencapai 200 tahun, kalau saya pribadi sih antara percaya dan tidak percaya, tapi kembali lagi pribadi masing-masing sobat blogger bagaimana tanggapannya. Kita langsung aja ke TKP yuk .

Hidup panjang hingga ratusan tahun bagi manusia untuk saat ini bisa dibilang mustahil. Tapi ilmuwan inggris dan eropa berpandangan masa hidup hingga 200 Tahun mungkin bisa terwujud lagi di masa depan.

Pertimbangannya, tim ilmuwan itu mengklaim punya kunci memperpanjang usia hidup manusia setelah menemukan gen unik dari mamalia di dunia. Mamalia yang dimaksud yaitu ikan Paus kepala busur. Peneliti menemukan jenis Paus ini memiliki gen unik yang bisa menolak penyakit kanker, jantung dan yang terpenting mampu memperbaiki kerusakan DNA.

Gen tersebut sudah dibuktikan oleh studi terpisah oleh dua peneliti di Inggris dan Amerika. Kedua peneliti Benua itu sudah memetakan pola Genetik Paus tersebut yang diidentifikasi bisa berkontribusi membuat Paus hingga 200 tahun.

Peneliti utama studi dari Inggris, Joao Pedro de Magalhaes, mengatakan penemuan pola genetic tersebut bisa digunakan untukmendalami bagaimana manusia bisa hidup lebih lama. “Percobaan ideal selanjutnya yaitu mengambil gen Paus itu dan memasukkan ke dalam tikus, dan kita lihat apakah tikus akan hidup lebih lama dan dapat terlindungi dari kanker” ujar de Magalhaes di lansir IBTimes.

Dia berpandangan, jika uji coba pada tikus itu berjalan lancar dan sesuai pada Paus, maka peneliti itu yakin akan bisa juga diterapkan pada manusia. Menurut laporan dari Sunday Times, studi yang dilakukan oleh Liverpool Centre for Genomics Research, menemukan pada ikan Paus kepala busur memiliki mutasi unik dua gen yang terkait dengan umur panjang hewan. Gen yang dimaksud yaitu ERCC1, yang diyakini mampu memperbaiki DNA, meningkatkan daya tahan atas kanker dan penuaan. Sedangkan Gen lainnya, PCNA juga terkait dengan perbaikan DNA. Mengenai riwayat usia Paus kepala busur memang awalnya diketahui hanya berumur sekitar 70 tahunan saja, mirip dengan jenis Paus pada umumnya. Namun penemuan pada abad ke 19 menunjukkan Paus kepala busur bisa hidup hingga 150-200 tahun.

Fakta ini dikuatkan pada temuan Paus kepala busur berukuran 15 meter pada Mei 2007 lalu. Paus kepala busur berukuran 15 meter tertangkap dilepas pantai Alaska, AS. Pada kepala Paus ini ditemukan tombak 3,5 inchi peledak berbentuk panah proyektil. Ditelusuri tombak itu adalah buatan New Bedford, pusat perburuan Paus besar yang dijalankan sekitar tahun 1890. Artinya meski Paus kepala busur itu terkena tombak proyektil, nyatanya sampai 2007 masih berkeliaran. Paus kepala busur bisa tumbuh hingga panjang 20 meter dan bobot 100 ton. Mamalia raksasa ini hidup sepenuhnya dikutub utara dan perairan sub-kutub utara. Paus kepala busur memiliki mulut terbesar dari hewan apapun dan punya lemak tertebal disbanding hewan lainnya. Perburuan hewan mamalia ini masih kencang sebelum adanya moratorium perlindungan penangkapan pada tahun 1996 lalu. Populasi paus ini diperkirakan lebih dari 24.900 diseluruh dunia, turun dari 50.000 sebelum penangkapan ikan Paus.

Oke sobat blogger, sekian dulu postingan saya kali ini ya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. Dan saya akhiri dulu dengan Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sumber : Majalah Xpresi
  
Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
3 February 2016 at 14:33 delete

terima kasih banyak nih informasinya. Semoga selalu sukses.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
18 October 2016 at 19:51 delete

sama - sama ... terima kasih sdh berkunjung

Reply
avatar

Terima kasih telah berkomentar dan berkunjung ke blog ini, Insya Allah akan saya kunjungi balik..... ConversionConversion EmoticonEmoticon