Inilah Manfaat Tanaman Ciplukan

Sumber:www.indonews.co.id

Assalamualaikum Wr. Wb
Selamat pagi sobat blogger semua. Bagaimana liburan panjangnya??? Pasti menyenagkan kan  Setelah libur panjang kita kembali lagi disibukkan dengan rutinitas pekerjaan yang seakan-akan tidak pernah habis. Pada artikel ini saya mencoba untuk membagikan informasi kepada Anda semua, mana tau di tempat tinggal Anda, ada tanaman liar yang tumbuh bersama rerumputan yang biasa disebut  Ciplukan. Memang kelihatannya tanaman ini kurang menarik perhatian kita, tetapi tahukah Anda ternyata Ciplukan mempunyai khasiat yang luar biasa.

Ngomongin tentang  Ciplukan, apakah  Anda kenal dengan Ciplukan? Kalau belum kenalan dulu (hehehe). Ciplukan merupakan tanaman  liar yang biasa tumbuh bersama rerumputan. Ciplukan memiliki buah yang berbentuk bulat kecil dan rasanya  manis jika sudah  matang. Meskipun sekilas mirip gulma, namun Anda tidak boleh meremehkan tanaman ini, karena didalamnya mengandung manfaat yang luar biasa. Bahkan, saya pernah membaca  di media social Facebook sempat ada yang menyebutkan  kalau harga buah ciplukan yang cukup fantastis, yakni 500 ribu/kg. Ternyata tidak hanya buahnya saja, karena daun dan akar tanaman ciplukan juga mengandung manfaat yang luar biasa. Hem, amazing ya, padahal  Ciplukan sering dipandang sebelah mata, bahkan dianggap sebagai rumput pengganggu, tetapi sekarang malah banyak dicari orang sebagai obat dan harganya sungguh fantastis.

Kira-kira apa saja sich manfaat sehat yang terkandung dalam ciplukan? Agar lebih jelasnya, simak terus kelanjutan  artikel saya ini agar kita mengetahui manfaatnya berikut ini:

1. Menjaga kesehatan mata dan kulit

Buah ciplukan kaya akan vitamin A yang membantu menjaga kesehatan mata dan kulit. Selain itu, kandungan  dalam biji ciplukan juga berkhasiat menetralkan racun sehingga sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tidak hanya kaya  Vitamin A, ciplukan  juga kaya akan  kandungan Vitamin C sehingga tidak hanya membantu menjaga kecantikan kulit, tapi juga membantu meningkatkan kekebalan  tubuh.

3. Meredakan  batuk

Sekarang memang musimnya anak-anak pada batuk semua, termasuk anak saya juga, sedih sekali kalau sudah melihat anak terserang batuk, didalam hati saya mengatakan mengapa tidak saya saja yang batuk, jangan anak saya. Jika Anda juga mengalami hal yang sama seperti saya, cobalah Anda obati anak Anda dengan tanaman ciplukan. Caranya  cukup merebus tanaman ciplukan, kemudian  rutin meminumkan  air rebusannya kepada anak Anda. Mudah-mudahan segera sembuh.

4. Meluruhkan air seni

Susah buang air kecil?  Tidak perlu cemas,  karena Anda bisa mengatasinya dengan minum  air rebusan tanaman cipklukan, karena salah satu khasiatnya adalah diuretik atau membantu meluruhkan air seni. Jadi, dengan rutin meminum air rebusan tanaman ciplukan, Insya Allah Anda akan lancar lagi untuk buang air kecil.

5. Mengatasi  luka atau peradangan di kulit

Daun ciplukan memiliki sifat  sebagai  anti  analgesic  sehingga membantu meredakan rasa nyeri akibat luka atau peradangan. Caranya cukup menghaluskan daun ciplukan, kemudian balurkan pada luka.
6. Mengobati diabetes melitus
Seluruh tanaman ciplukan mengandung manfaat sehat, salah satunya untuk menormalkan kadar gula darah. Caranya cukup rebus  tanaman  ciplukan, saring airnya dan minum setiap  pagi dan sore. Lakukan rutin setiap hari agar mendapatkan khasiatnya.

7. Kaya serat

Buah ciplukan termasuk buah yang kaya serat loh, sehingga bagus untuk teman pendamping Anda saat diet karena membantu kita merasa kenyang  lebih  lama. So, bagi Anda para wanita yang ingin melakukan program diet, tidak ada salahnya mencoba tanaman ciplukan ini.
Hem, pasti Anda tidak pernah menduga jika dibalik penampilannya yang sederhana, ternyata Ciplukan mengandung khasiat yang  luar biasa untuk kesehatan.

mungkin sekian saja artikel dari saya, mudah-mudahan artikel yang singkat ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan bisa kita terapkan jika ada teman, anak atau siapa saja yang sakit untuk mencoba buah yang satu ini. Wassalamualaikum Wr. Wb

Sumber:viva , www.majalah-holiday.com
Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
Oyong Ilham
AUTHOR
19 August 2016 at 13:06 delete

sama2 ... yang penting saling berbagi informasi

Reply
avatar

Terima kasih telah berkomentar dan berkunjung ke blog ini, Insya Allah akan saya kunjungi balik..... ConversionConversion EmoticonEmoticon