Inilah Amalan Yang Bisa Menghindarkan Siksa Kubur

Siksa Kubur


Bismillahirrahmanirrahim 
Assalamualikum Wr. Wb

Tak terasa sekarang sudah malam minggu aja ni, malam minggu ini saya tidak pergi kemana-mana ni sob, karena saya sendirian di rumah, kebetulan anak dan istri saya sedang berada di kampung saya Langkat, dikarenakan Andong saya dipanggil Sang Pencipta pada hari Kamis semalam, dan istri saya membantu acara yang diadakan disana. Saya mohon doa nya pada sobat semua agar amalan yang dikerjakan Andong saya selama didunia diterima Allah SWT, Amin. 
Pada prosesi pemakaman, saya sempat terpikir juga bagaimana jika saya yang berada disana, apakah saya mampu menjawab pertanyaan malaikat Mungkar dan Nangkir? dan apakah amalan yang saya kerjakan selama ini sudah cukup agar terhindar dari siksa kubur? Pertanyaan itu selalu terniang ditelinga saya. Akhirnya saya dapat jawabannya. Ternyata ada amalan - amalan yang bisa menghindarkan kita dari siksa kubur. Ini dia amalan - amalan itu :

1. Memelihara Sholat 5 waktu

Saya rasa ini adalah hal yang paling pokok agar kita terhindar dari siksa kubur karena sholat adalah tiang agama. Berdasarkan Hadith oleh Ibu Hajar Al - Haitami dlm kitabnya " Az - Zawaajir " bahwa orang yg memelihara Sholat Lima Waktu itu akan dihindarkan dari siksaan kubur, berbeda dengan  orang yang mengabaikannya, maka di waktu dia mati, mayatnya dihimpit Kubur sehingga berselisih tulang rusuknya. Subhanallah ... betapa ngerinya ni sob bagi orang yang meninggalkan sholat 5 waktu. Dalam keadaan apapun hendaknya sholat 5 waktu itu tetaplah ditegakkan. Itu yang pertama 

2. Selalu membaca surat Al-Ikhlas terutama pada saat sakit yang akan membawa kematian

Al - Imam At - Tabaraani mengemukakan Hadith melalui ' Abdulah b. Asy - Syakhiir bahwa Rasulullah SAW bersabda : " Siapa membaca Qul huwallaahuahad dalam kesakitan yang membawa matinya , tiadalah ia menderita himpitan kubur ; dan di hari kiamat kelak , ia dibawa oleh Malaikat dengan telapak tangannya sampai terlepas dari Titian Siratul Muntaha dan sampai ke surga . " ( bagi mereka yg beriman ) .
Pada saat menjelang kematian sangat dianjurkan membaca surat Al-Ikhlas ini agar kita dapat terhindar dari siksa kubur. Karena kita ketahui betapa ngerinya siksa kubur itu, membayangkannya saja sudah ngeri sob, apa lagi merasakannya. Nauzubillah Minzalik.

3. Senantiasa membaca surat Al - Mulk (Tabarak) setiap malam atau setidaknya setiap malam jum'at

Baginda Rasulullah SAW menyebutkan kalau surat ini adalah "Al-Ma'niah (Pencegah atau Penahan dari siksaan) dimana Beliau bersabda :
Dialah surah Pencegah yang mencegah pembacanya dari siksa Kubur "  Riwayat An - Nasaa'i . Hadis Riwayat At - Turmudzi meneruskan Ibnu ' Abbaas ( Hasan ).
Memang saya sering juga mendengar kelebihan dari surat Al-Mulk ini. Terutama untuk menghindarkan kita dari siksa kubur ni sob. Jadi sering seringlah membaca surat Al-Mulk ini setiap malam atau setidaknya setiap malam jum'at karena Faedahnya cukup besar.

4. Mati Syahid

Sobat semua pasti sudah mengetahui bahwasanya mati sahid adalah hal yang sangat mulia karena kita berjuang demi membela agama Allah. Dan Allah membalasnya dengan surga pada hari  kahir kelak dan satu hal lagi tentunya dengan mati sahid akan menghindarkan dari siksa kubur. Tapi pertanyaanya apakah kita sudah siap mengorbankan nyawa kita demi agama yang kita cintai ini??? saya rasa hanya segelintir orang yang siap mengorbankan nyawanya untuk mati syahid dan selebihnya belum tentu siap untuk hal itu dan tidak saya pungkiri termasuk saya juga mungkin belum siap.

5. Mati di malam atau siang pada hari Jum'at

Memang dalam beberapa hadist mengatakan bahwasanya akan terhindarlah dari siksa kubur orang yang meninggal pada malam atau siang hari Jum'at. salah satu hadistnya yaitu :
Rasullulah saw bersabda : " Tiadalah seseorang Islam yang meninggal dunia di hari atau malam Jumat , melainkan Allah memeliharanya dari fitnah kubur " Riwayat At - Turmudzi : Marfuu '
Mungkin semua umat islam mendambakan meninggal pada malam atau siang hari jum'at karena faedah atau ganjaran yang didapat jika meninggal di hari itu sangat besar sekali. Saya pun ingin sekali jika di beri Izin oleh Allah SWT meninggal pada hari Jum'at ini. 

6. Mati karena sakit perut

Sebelum saya browsing di internet tentang amalan yang bisa menghindarkan siksa kubur, saya juga tidak mengetahui kalau mati karena sakit perut itu bisa juga menghindarkan dari siksa kubur. Tidak percaya ni sob??? ini dia hadistnya saya kasih liat ....
Abu Daud mengeluarkan Hadis secara Marfuu ' : " Siapa mati karena penyakit dalam perutnya tidaklah dia disiksa dalam kuburnya " - Juga Riwayat Ibu Maajah AlBaihaqi dan At - Turmudzi dimana dia menganggap itu Hasan .

7. Tidak menangisi mayatnya pada saat kematian

Menangisi dalam hal ini adalah meratapi kepergian sang mayat dengan perasaan kehilangan yang dalam dan tentu hal ini akan membuat si mayat akan disiksa dalam kuburnya, akan tetapi jika hanya menangisi seperti biasa saja tanpa meratapinya ini ya boleh - boleh aja. Mungkin saya pun akan menangis juga jika yg meninggal itu adalah orang tua saya tapi sekali lagi janganlah sampai meratapinya terlalu dalam.

8. Senantiasa memberikan sedekah kepada sesama yang membutuhkan

Manfaat dari sedekah ini memanglah tidak perlu dipertanyakan lagi ni sob. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari bersedekah ini yang tentunya bisa menghundarkan kita dari siksa kubur. Dari beberapa hadist dan buku yang pernah saya baca bahwa dengan bersedekah, walaupun kita telah tiada tetapi pahalanya akan tetap mengalir, itulah yang sering kita dengar dengan sedekah jariyah yaitu sedekah diberikan secara ikhlas tanpa berniat untuk berbuat ria. Ayo sob.....Niatkanlah mulai dari sekarang senantiasa untuk melakukan sedekah.

9. Menyempurnakan basuhan wudhu dan menolong orang yang sedang dianiaya

Nabi SAW bersabda :
Menurut Ibnu Mas'uud bahwa Rasullullah saw pernah memberitakan : " Ada seorang hamba Allah yang diperintahkan dipukul 100 kali dalam kuburnya . Akan tetapi karena orang itu selalu berdoa agar dilindungi dari siksa kubur selama hidupnya maka dia dipukuli hanya sekali pukulan. Akan tetapi dengan sekali pukulan itu menyebabkan kuburnya dipenuhi api. Sesudah api hilang ( hapus ) dan dia sembuh dari pukulan itu maka orang itu bertanya pada malaikat : Sebab apakah saya dipukuli ( tadi ? ) . Malaikat menjawab : " ( itu karena) engkau shalat tanpa wudhu ( dengan wudhu yang tidak dilakukan dengan sempurna basuhannya ) dan engkau pernah melalui orang yang sedang dianayai tetapi engkau tidak memberikan pertolongan " Riwayat At - Tahaawi
dan yang terakhir :

10. Selalu berdoa pada Allah agar dihindarkan dari siksa kubur

Tentunya kita juga harus selalu berdoa agar dihindarkan dari siksa kubur, karena doa adalah senjatanya orang Mukmin. Ini ada saya kasih doa agar terhindar dari siksa kubur ni sob dan doa ini dibaca pada Tasyahud akhir seblum salam.
doanya berbunyi : " Wahai Allah , sungguhnya saya memohon perlindungan Engkau dari siksa neraka Jahanam , dari siksa kubur , dari fitnah ( perdayaan ) hidup dan mati dan dari fitnah  Dajjaal.

Mungkin itulah amalan - amalan yang bisa kita lakukan supaya terhindar dari siksa kubur. Perbanyaklah berbuat kebaikan dan selalu berdoa kepada Allah SWT, semoga kita terhindar dari siksa kubur yang sangat mengerikan, jangankan untuk merasakannya, untuk membayangkannya saja sudah cukup mengerikan rasanya sob. Untuk malam ini saya rasa cukup sekian dulu ni tulisan ini saya akhiri. Tak terasa jam sudah menunjukkan angka 11 malam, matanya pun sudah mulai berat ni. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi kita semua, dan jika ada kata-kata yang tidak berkenan dihati pembaca saya mohon maaf. Dan saya akhiri dengan ucapan Wabillahi Taufik Walhidayah Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sumber tulisan dan gambar : doa-id.blogspot.co.id














Previous
Next Post »

47 komentar

Write komentar
Unknown
AUTHOR
12 October 2016 at 13:00 delete

ia sama - sama mbak raihanah...

Reply
avatar
Will Meazza
AUTHOR
12 October 2016 at 13:27 delete

Nyimak gan? Semoga makin sukses ya usahanya AMIIIN :)

Reply
avatar
15 October 2016 at 10:29 delete

Semoga Andong mendapat tempat terbaik di sisiNya... Aamiin. Terimakasih, sudah mengingatkan. Semoga kita semua selalu dalam petunjukNya..aamiin

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
15 October 2016 at 12:41 delete

Amin ... terimakasih atas doanya Mbak Retno...

Reply
avatar
Mbul Kecil
AUTHOR
17 October 2016 at 02:21 delete

Makasi pengingatnya, semog istikomah bisa menjalankan amalan ini

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
17 October 2016 at 06:18 delete

ia sama-sama Mbak Nita, memang kita harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi alam setelah alam skrng yaitu Alam Kubur...

Reply
avatar
17 October 2016 at 11:49 delete

Duh aku jadi ingat dosa :(

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
17 October 2016 at 12:50 delete

ehmmmm .... kalau begitu marilah kita perbanyak amal kebaikan Bg Budi ....

Reply
avatar
17 October 2016 at 20:01 delete

Subhaanallah...sungguh informasi yang informatif mengingatkan kita akan ajal. kullu nafsin dzaaiqotul mautin..

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
17 October 2016 at 22:51 delete

memang selayaknyalah kita yg hidup ini mengingat akan kematian ....

Reply
avatar
Artadhitive
AUTHOR
18 October 2016 at 01:08 delete

Artikelnya menarik, semoga konsisten ya!...

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
18 October 2016 at 06:56 delete

sama - sama Mas Choky... terimakasih juga kunjungannya

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
18 October 2016 at 06:57 delete

so pastilah Mas Adhi ....:)

Reply
avatar
Rizka Nidy
AUTHOR
18 October 2016 at 07:10 delete

Wah kayaknya harus benerin wudhu nya lg nih. Semoga dpt pahala ya udah mengingatkan :D

Reply
avatar
andi nugraha
AUTHOR
18 October 2016 at 07:46 delete

Pengingat banget nih mas, semoga bisa istiqomah menjalankannya.. :)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
18 October 2016 at 13:14 delete

Amin ... terimakasih doanya ya Mbak Rizka....

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
18 October 2016 at 13:16 delete

Insya Allah Mas Andi bisa Istiqomah menjalankan , saya doakan ......

Reply
avatar
Alris
AUTHOR
18 October 2016 at 14:22 delete

Istoqomah menjalankan hal diatas, semoga kita bisa, aamiin.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
18 October 2016 at 17:46 delete

amin ... Insya Allah bisa kok Mas Alris

Reply
avatar
Lia Lathifa
AUTHOR
18 October 2016 at 21:57 delete

baca ini jd menyentil diri, semoga istiqomah menjalankannya, terimakasih sharingnya

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
19 October 2016 at 00:20 delete

ia sama - sama Mbak Lia... saya hanya sekedar mengingatkan dan memberikan Ilmu yg saya ketahui agar bermanfaat bagi pembaca blog ini ...

Reply
avatar
Son Agia
AUTHOR
19 October 2016 at 01:40 delete

Makasih buat reminder-nya ya, Bang :)

Mudah-mudahan bisa saya aplikasikan.

Reply
avatar
angkisland
AUTHOR
19 October 2016 at 05:52 delete

semoga kita diberi keistiqomahan dalam mengamalkannya makasih mas nasheatnya

Reply
avatar
labollatorium
AUTHOR
19 October 2016 at 08:51 delete

semoga saya juga bisa menjalankan amalan-amalan baik agar selamat dunia akhirat.. thanks for sharing.. :)

Reply
avatar
19 October 2016 at 20:16 delete

Terimakasih sudah di ingatkan lewat blog ini

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
20 October 2016 at 06:45 delete

ia sama - sama Mas Agia, Insya Allah Mas Agia bisa ... saya doakan....

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
20 October 2016 at 06:46 delete

Amin .... Insya Allah kita semua bisa Istiqomah untuk mengamalakannya...

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
20 October 2016 at 06:48 delete

betul sekali mbak No La , karena Amalan baik itu akan menjadi modal kita di akhirat nanti , ....

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
20 October 2016 at 06:48 delete

sama -sama mbak laili , terimakasih juga sdh mampir

Reply
avatar
evrinasp
AUTHOR
20 October 2016 at 06:56 delete

tegakan shalat dan mengamalkannya insyaaAllah menuntun kita di kehidupan yang sebenarnya, terimakasih atas infonya ya

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
20 October 2016 at 13:02 delete

yepp ... benar sekali tu mbak Evrinasp ... dan tetap istiqomah

Reply
avatar
cik tom
AUTHOR
20 October 2016 at 18:13 delete

Al-fatihah..semoga andong ditempatkan bersama2 orang yang beriman... semoga kita yang hidup ni diberikan kesihatan yang baik utk berbuat amalan kebaikan dan menjauhi keburukan.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
20 October 2016 at 18:17 delete

Amin ... terimakasih doanya puan Ciktom .........

Reply
avatar
Seenday
AUTHOR
24 October 2016 at 05:17 delete

Naudzu billah tsuma naudzubillah min dzalik, semoga kita senantiasa dijauhkan dari siksa kubur dan di hari kiamat nanti.. amin
Info bermanfaat Mas

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
24 October 2016 at 06:52 delete

Amin ... semoga saja kita mendapat perlindungan dari Allah di hari kiamaat kelak Mas ...

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
24 October 2016 at 07:03 delete

Semoga kita menjadi hamba - hamba Nya yang dijauhkan dari siksa kubur
Btw gw masih binggung sakit perut ini kenaa bisa di jauhkan dari siksa kubur ???

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
24 October 2016 at 07:25 delete

menurut hadistnya begitu Mas Cum , ......:)

Reply
avatar
Eka Fikry
AUTHOR
28 October 2016 at 18:18 delete

sips, semoga bs perbanyak sedekah. Amin.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
28 October 2016 at 20:09 delete

Amin .... banyak manfaat yg bisa diperoleh dari sedkah Mbak Eka ...

Reply
avatar
Ahmad
AUTHOR
5 December 2016 at 20:48 delete

mati di hari jumat .... banyak orang yang ingin sekali mati pada hari tersebut

Reply
avatar
Jens Z
AUTHOR
6 April 2017 at 00:12 delete

Inforasi yang sangat bermanfaat mas.. semoga kita dijauhkan dari siksa kubur #Aamien

Reply
avatar
3 May 2017 at 14:38 delete

pengingat yang sangat bagusm terimakasi untuk ilmu nya ka :) salam kenal dari saya yah

Reply
avatar
Review Domino
AUTHOR
2 October 2017 at 11:46 delete

Terima kasih atas imformasi yang anda berikan khususnya buat saya umumnya untuk semua yang sempat membaca blog anda ini. ini sangat membantu saya.

Reply
avatar
Carlo Yudi
AUTHOR
3 January 2020 at 13:50 delete

Ingin Cari Kaos Dakwah Terbaik, Tshirt Dakwah Muslim Disini tempatnya: gootickapparel.com

Disini tempat Tips dan Trick Percintaan yang asik menurut Islam, disini tempatnya: weedhus.com

Reply
avatar

Terima kasih telah berkomentar dan berkunjung ke blog ini, Insya Allah akan saya kunjungi balik..... ConversionConversion EmoticonEmoticon